Kementerian PUPR Nilai Jembatan Pematang Panggang Ambles Akibat Truk Over Muatan

PERISTIWA | 18 Juni 2019 15:04 Reporter : Irwanto

Merdeka.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menilai amblesnya Jembatan Pematang Panggang di Mesuji, Lampung, akibat kendaraan yang melintas kelebihan muatan. Rusaknya jembatan itu berdampak pada penutupan Jalan Lintas Timur (Jalintim) yang menghubungkan Sumsel dan Lampung.

Staf Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian PUPR Ch Kornel Sihaloho mengungkapkan, over muatan itu menjadi penyebab utama. Daya lintas jalan nasional pada umumnya hanya mampu dilewati kendaraan dengan muatan 8 ton untuk satu lajur atau 16 ton secara keseluruhan badan jalan.

Pada kasus kemarin, truk yang terjebak di atas jembatan over muatan. Truk pertama mengangkut barang seberat 60 ton dan truk kedua 40 ton.

"Penyebab utamanya karena kelebihan muatan, jauh di atas batas maksimum daya lintas jalan dan jembatan," ungkap Kornel, Selasa (18/6).

Selain itu, kata dia, Jembatan Pematang Panggang terbilang uzur karena sudah berusia 25 tahun sehingga diperlukan pembangunan jembatan pengganti. Alhasil, badan jembatan ambles lantaran dilintasi truk over load.

"Jembatan usia layak sudah hampir selesai, kita lakukan bertahap makanya kita sudah kerjakan jembatan baru jalur B, baru nanti jalur A juga, tapi bukan mengganti total," ujarnya.

Saat ini, kata dia, pihaknya tengah mengevakuasi truk yang masih terjebak di jembatan yang memerlukan waktu cukup lama. Sebab, petugas mengalami kendala dalam evakuasinya.

"Kendalanya masih tersangkut karena overdimensi. Waktu kendaraan ditarik, nyangkut di tiang jembatan bagian atas," kata dia.

Dia menambahkan, material perbaikan dan alat berat mulai dikirim dari Jambi. Paling tidak perbaikan rampung selama dua pekan ke depan.

"Kita upayakan secepatnya selesai agar jalintim kembali bisa dilewati," pungkasnya.

Baca juga:
Jembatan Pematang Panggang Putus, Jalan Lintas Timur Ditutup Selama 2 Pekan
Jembatan Pematang Panggang Ambles, Lalu Lintas Lampung-Sumsel Terputus
Jembatan Hanyut Terbawa Banjir, Jalur Trans Sulteng-Sultra Terputus
Jembatan di Tabanan Ambles, Dua Warga Tertimbun Material Bangunan
Jembatan Ambruk, Siswa SD di Pandeglang Harus Bertaruh Nyawa Untuk Sekolah
JPO Pasar Minggu Mulai Direvitalisasi Mei 2019

(mdk/cob)