Kemhan Terbitkan Larangan Pegawainya Gunakan Aplikasi Zoom

Kemhan Terbitkan Larangan Pegawainya Gunakan Aplikasi Zoom
PERISTIWA | 23 April 2020 12:14 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Kementerian Pertahanan melarang seluruh karyawannya menggunakan aplikasi Zoom untuk melakukan telekonferensi. Imbauan itu tertuang dalam Surat Edaran Nomor SE/57/IV/2020 yang ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan, Laksamana Madya Agus Setiadji yang ditandatangani pada 21 April.

"Betul (surat Edaran tersebut)," kata Staf Khusus Menhan Bidang Komunikasi Publik dan Hubungan Antar Lembaga, Dahnil Anzar Simanjuntak, kepada Liputan6.com, Kamis (23/4).

Adapun yang menjadi pertimbangan antara lain; Tidak ada jaminan keamanan data dari pihak penyedia aplikasi zoom disebabkan aplikasi bersifat terbuka, adanya duplikasi traffic yang dilaporkan oleh pihak penyediaan aplikasi Zoom ke server yang berada di negara lain, mengakibatkan data pembicaraan dapat dimonitor oleh pihak yang tidak berkepentingan.

"Hasil analisa dan riset dalam beberapa kasus penggunaan aplikasi Zoom telah dilaporkan kebocoran data. Dan telah diakui oleh pihak vendor Zoom bahwa tersebut memang belum dapat diantisipasi secara cepat," tulis surat tersebut.

Atas larangan ini, Kapusdatin Kemhan diminta menyiapkan dukungan video teleconference yang aman dan dapat digunakan sebagai alternatif dalam komunikasi jajaran pimpinan. Juga meminta agar Satker jajaran Kemhan berkoordinasi dengan Pusdatin Kemhan berkaitan dengan video teleconference tanpa menggunakan aplikasi Zoom.

Reporter: Putu Merta Surya Putra
Sumber: Liputan6.com (mdk/lia)

Baca juga:
Cegah Sebaran Corona, Prabowo Minta PNS Kemhan Tak Mudik Tahun Ini
Aksi Tanggap Corona, Kemenhan Kerja Sama dengan PMI Gelar Donor Darah
Sri Mulyani: Belanja Barang Kementerian Pertahanan Meningkat Tajam di Februari 2020
Waspada Corona, Kendaraan dan Orang Mau Masuk Kemenhan Disemprot Disinfektan
Tak Ikut Ratas dengan Presiden, Prabowo Ada Kegiatan Internal Kemenhan
Cegah Penyebaran Corona, Kemenhan Minta Pegawai Dinas di Rumah

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami