Kemlu Pulangkan 172 ABK WNI yang Tertahan di Fiji

Kemlu Pulangkan 172 ABK WNI yang Tertahan di Fiji
Pemulangan 172 ABK WNI dari Fiji. ©Kemenlu.go.id
NEWS | 17 Juni 2021 19:13 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Kementerian Luar Negeri dan KBRI di Suva, Fiji telah memfasilitasi repatriasi 172 ABK WNI yang tertahan kepulangannya dari Fiji. Para ABK tersebut tiba di Bandara Soekarno-Hatta dengan menggunakan penerbangan charter Garuda, Rabu (16/6) malam.

Dikutip dari laman Kemenlu.go.id mereka tertahan akibat kebijakan penutupan perbatasan dan penerbangan internasional yang diterapkan oleh Pemerintah Fiji sejak Mei 2021. Sebagian besar dari mereka telah berada di laut selama lebih dari 2 tahun.

Setelah melalui upaya diplomasi intensif, otoritas terkait di Fiji memberikan izin turun kapal (sign off) dan penerbangan repatriasi. Selama berada di atas kapal, KBRI Suva juga memberikan bantuan logistik kepada para ABK WNI.

Keberhasilan repatriasi ini merupakan hasil kerja sama dan koordinasi yang baik pula antar Kementerian/Lembaga terkait di dalam negeri, khususnya dalam hal memfasilitasi ketibaan para ABK WNI. Serta mendorong pertanggungjawaban dari perusahaan yang memberangkatkan para ABK.

Dalam repatriasi ini, turut dipulangkan 2 jenazah ABK WNI yang meninggal di atas kapal. Berdasarkan otopsi, kedua jenazah meninggal karena sakit, bukan Covid-19 sehingga dapat diizinkan untuk dipulangkan ke Tanah Air.

(mdk/bal)

Baca juga:
Polisi Terima Laporan 1 ABK KM Marcel Jaya 29 Tenggelam di Perairan Nusantara Regas
Kejari Brebes Serahkan Dana Restitusi ke 4 Mantan ABK China Long Xing 629
Pemerintah Negosiasi dengan China untuk Perbaiki Aturan Terkait ABK
ABK RI Sempat Bernasib Nahas di Kapal, China Komitmen Perbaiki Aturan
Di UU Cipta Kerja, Kewenangan Soal ABK WNI akan Dilimpahkan ke KKP
157 ABK WNI di Kapal Berbendera China Dipulangkan ke Indonesia

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami