Kepala BNPB Akui Sulit Cari Pengganti Sutopo Purwo Nugroho

PERISTIWA | 9 Juli 2019 19:24 Reporter : Irwanto

Merdeka.com - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo menyebut sulit mencari pengganti almarhum Sutopo Purwo Nugroho sebagai Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB. Diketahui, Sutopo meninggal dunia akibat sakit dua hari lalu.

Doni mengatakan, semasa hidup Sutopo menjalankan perannya dengan sangat baik. Menurutnya, profesionalisme dijunjung Sutopo dan tak pernahkah mengeluh beratnya pekerjaan meski dalam kondisi sakit sekalipun.

Oleh karena itu, pihaknya cukup kesulitan mencari sosok seperti almarhum yang dapat diterima orang banyak sebagai penyambung informasi BNPB. Pencarian posisinya memerlukan waktu cukup lama.

"Pokoknya semua upaya kami lakukan untuk mencari sosok pengganti ini," ungkap Doni di Palembang, Selasa (9/7).

Namun, dia optimist akan lahir sosok seperti Sutopo pada masa yang akan datang. Almarhum menjadi teladan semua orang. "Nantinya akan secara alami akan lahir Sutopo yang muda-muda," ujarnya.

Diberitakan, Sutopo Purwo Nugroho menghembuskan nafas terakhir di Guangzhou, China, Minggu (7/7) karena kanker paru-paru. Dia dikenal publik terutama media karena posisinya sebagai Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB. Almarhum rajin memberikan informasi setiap terjadinya bencana di Indonesia.

Baca juga:
Sutopo Dikenal Suka Membantu Lingkungan Rumah Semasa Hidup
Kepala BNPB Sebut Sutopo Telah Jalani Pengobatan Terbaik Hingga ke China
Kepala BNPB: Sutopo Contoh Pengabdi Negara
Jenazah Sutopo Tiba di Rumah Duka
Kondisi Sutopo Sempat Membaik Setelah Berobat ke Guangzhou

(mdk/ray)