Kepala BNPB Ingatkan Beberapa Provinsi Waspada Karhutla

Kepala BNPB Ingatkan Beberapa Provinsi Waspada Karhutla
PERISTIWA | 11 Juli 2020 01:33 Reporter : Ronald

Merdeka.com - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo meminta, kepada kepala daerah untuk waspada Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Sebab, selain pandemi Virus Corona atau Covid-19, Karhutla juga menjadi ancaman.

"Untuk Karhutla ya jadi daerah-daerah yang rawan Karhutla di beberapa provinsi kita sudah ingatkan hati-hati, karena kebakaran akan menimbulkan asap, nah asap ini nanti akan menimpa warga masyarakat yang punya asma, yang punya penyakit paru, dan itu beresiko," katanya di Gedung Kementerian PMK, di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (10/7).

Katanya, berdasarkan data yang dimiliki Kalimantan Tengah urutan keempat atas penyakit ispa atas Karhutla.

"Kemarin di Kalimantan Tengah, urutan keempat angka kematian mereka penderita ispa, mereka penderita asma, nah kita sudah sampaikan harus berusaha mencegah jangan sampai terjadi kebakaran, karena kalau kebakaran yang paling rentan adalah masyarakat yang punya penyakit paru-paru, dan itu bisa mengakibatkan kejadian yang fatal," tegasnya.

Sebelumnya, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI melakukan patroli terpadu guna mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di 154 desa rawan yang tersebar di lima provinsi Tanah Air.

"Provinsi rawan tersebut meliputi Sumatera Utara, Riau, Jambi, Sumatera Selatan dan Kalimantan Tengah," kata Menteri LHK Siti Nurbaya dalam rapat kerja bersama Komisi IV DPR RI dilansir Antara, Rabu (8/7).

Secara rinci, posko desa di Sumatera dan Kalimantan tersebut meliputi 25 posko desa di Sumatera Utara, 52 posko desa di Riau, 25 posko desa di Jambi, 40 posko desa di Sumatera Selatan dan 12 posko desa di Kalimantan Tengah.

Dia mengungkapkan, terdapat 440 desa secara keseluruhan yang menjadi sasaran dari patroli terpadu pencegahan karhutla yang meliputi tiga pulau besar di Indonesia dan tersebar di Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi. (mdk/ded)

Baca juga:
Kementerian LHK Gelar Patroli Terpadu Cegah Karhutla di 154 Desa Rawan
Masuk Musim Kemarau, 11 Embung Dibangun Cegah Karhutla di Banyuasin
Sejak Awal Tahun 2020, Polda Riau Tangkap 58 Tersangka Kasus Karhutla
8.000 Petugas Disiagakan Cegah Kebakaran Lahan dan Hutan di Sumsel
Karhutla Mulai Terlihat di Sumsel, 1 Hektare Lahan Diduga Sengaja Dibakar
Menteri LHK Perluas Peran Masyarakat Cegah Kebakaran Hutan dan Lahan

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami