Keputusan Pemangkasan Libur Akhir Tahun Diumumkan Pemerintah Besok

Keputusan Pemangkasan Libur Akhir Tahun Diumumkan Pemerintah Besok
PERISTIWA | 26 November 2020 10:30 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan pengumuman keputusan pemangkasan jumlah cuti bersama hingga pengganti Idul Fitri akan diumumkan pada Jumat (27/11). Sejumlah cuti bersama hingga pengganti Idul Fitri diminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikurangi guna menekan kerumunan demi mencegah Covid-19 meluas.

"InsyaAllah besok Jumat (diumumkan)," kata Muhadjir kepada Liputan6.com, Kamis (26/11).

Secara terpisah, Menpan RB Tjahjo Kumolo menyatakan pengumuman akan dilakukan Menko PMK usai rapat bersama. “Nanti rapat di Menko PMK Jumat pagi, langsung diumumkan oleh Menko PMK,” ujar dia.

Diketahui, Presiden Joko Widodo meminta sejumlah cuti bersama hingga pengganti Idul Fitri dilakukan pengurangan guna menekan kerumunan demi mencegah Covid-19 meluas. Hal ini disampaikannya saat rapat kerja bersama para kabinet, Senin 23 November 2020.

Adapun libur Natal dan Tahun Baru 2020 semula akan digabung dengan Cuti Bersama Idul Fitri yang digeser ke akhir tahun pada 28-31 Desember 2020. Libur Hari Raya Natal sendiri jatuh pada 24-25 Desember.

Kemudian, hari libur masih ditambah tanggal merah pada 1 Januari 2021. Jokowi memerintahkan agar ketentuan soal libur panjang akhir tahun dibahas lebih lanjut dalam rapat koordinasi Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK).

"Secara khusus nanti akan kita bicarakan mengenai libur panjang yang nanti juga akan ada di bulan Desember. Ini akan kita bicarakan nanti dalam rapat hari ini secara khusus," kata Jokowi.

Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan, lonjakan kasus positif Covid-19 menjadi pertimbangan utama yang diambil pemerintah Jokowi memangkas libur panjang akhir tahun. "Lonjakan kasus sehabis libur panjang memang menjadi salah satu pertimbangan," kata Muhadjir kepada Liputan6.com, Selasa (24/11).

Reporter: Delvira Hutabarat
Sumber: Liputan6.com (mdk/gil)

Baca juga:
Sri Mulyani Beberkan Pertimbangan Mendalam Sebelum Kurangi Cuti Bersama Akhir 2020
Jokowi Minta Cuti Bersama Akhir Tahun dan Pengganti Libur Idul Fitri Dikurangi
Danau Toba Dipadati Wisatawan saat Libur Panjang, Begini Faktanya
Pengunjung Ancol dan Ragunan Masih di Bawah 25% saat Cuti Bersama Hari Ini
Menaker: Perusahaan Tak Liburkan Karyawan Saat Cuti Bersama Wajib Beri Upah Lembur
Pagaralam Diprediksi Dikunjungi 40 Ribu Wisatawan Selama Libur Panjang

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami