Kerusuhan di AS, KJRI Chicago Pastikan 1.990 WNI Dalam Kondisi Aman

Kerusuhan di AS, KJRI Chicago Pastikan 1.990 WNI Dalam Kondisi Aman
PERISTIWA | 1 Juni 2020 00:34 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Chicago, Amerika Serikat, memastikan 1.990 warga negara Indonesia (WNI) yang tinggal di beberapa daerah berlangsungnya aksi Black Lives Matter dalam kondisi aman. Hal itu disampaikan lewat pernyataan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (31/5).

Black Lives Matter (Hidup Warga Kulit Hitam Berharga) merupakan slogan utama unjuk rasa ribuan warga AS yang memprotes pembunuhan seorang warga kulit hitam, George Floyd, oleh seorang anggota kepolisian Kota Minneapolis, Minnesota, Derek Chauvin.

"Sampai dengan jam 12.00 Sabtu malam (30/5), WNI yang ada di kota-kota yang dilanda aksi protes dalam keadaan baik dan aman. Jumlah WNI yang terdapat di kota-kota tersebut adalah: Chicago (864 orang), Minneapolis dan St. Paul (272), Detroit (334), Des Moines (36), Cincinnati (81), Columbus (277), Cleveland (68), Toledo (31), dan Dayton (27)," kata KJRI Chicago lewat pernyataan tertulisnya.

Wilayah yang disebutkan KJRI Chicago menempati daerah Midwest yang menjadi area kerja KJRI Chicago.

Dilansir Antara, aksi unjuk rasa di kota kembar Minneapolis dan St Paul masih berlanjut dan unjuk rasa telah menyebar ke 30 kota di AS. Termasuk di antaranya San Fransisco dan Los Angeles di negara bagian California; Portland di Oregon; Houston dan Dallas di Texas; Atlanta di Georgia; Richmond di Virginia; Phoenix di Arizona; New York dan Seattle di Washington; Virgina dan Charlotte di North Carolina.

"KJRI Chicago terus berkomunikasi dengan simpul-simpul masyarakat Indonesia di kota-kota tempat terjadinya aksi-aksi tersebut sekaligus melibatkan warga untuk menyebarluaskan imbauan-imbauan KJRI via pesan singkat maupun media sosial," terang kantor perwakilan Indonesia itu.

KJRI Chicago juga mengimbau WNI agar tetap tenang dan waspada serta menghindari tempat-tempat aksi unjuk rasa.

"Jika terdapat warga Indonesia yang memerlukan bantuan agar segera melaporkan ke Hotline 24 jam KJRI," sebut KJRI Chicago.

Floyd tewas setelah disiksa oleh Chauvin, anggota kepolisian Minneapolis yang saat ini telah dipecat dari kesatuannya. Chauvin juga dituntut atas dugaan pembunuhan tingkat tiga (third-degree murder) dan tingkat dua (second-degree manslaughter).

Third-degree murder merupakan pidana pembunuhan tanpa rencana dengan ancaman penjara maksimal 25 tahun, sementara second-degree manslaughter merupakan perbuatan lalai yang menyebabkan seseorang tewas. Dalam sistem hukum AS, ancaman penjara untuk second-degree manslaughter minimal 1-3 tahun dan maksimal 5 sampai 15 tahun.

"Chauvin telah ditahan di Ramsey County Jail dengan jaminan 500.000 dolar AS (sekitar Rp7,161 miliar)," terang KJRI Chicago menjelaskan perkembangan terbaru di AS.

Meskipun Chauvin telah ditahan, massa menuntut tiga anggota kepolisian lainnya yang terlibat dalam pembunuhan Floyd juga dipecat dan dijatuhi hukuman. (mdk/noe)

Baca juga:
Ini yang Terjadi di Detik-Detik Terakhir Kematian George Floyd
Kerusuhan di AS, Ketua Komisi I DPR Minta Pemerintah Pastikan Keselamatan WNI
Massa Rusak dan Bakar Mobil Polisi Saat Protes Kematian George Floyd
Kematian George Floyd, Trump Ancam Demonstran Bakal Hadapi Anjing Ganas
Kematian George Floyd Picu Kerusuhan Meluas di AS, Trump Serukan Penjarah Ditembak

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Alur BLT Dana Desa Hingga ke Tangan Warga - MERDEKA BICARA with Mendes Abdul Halim Iskandar

5