Kesehatan Terus Membaik, Bayi Kembar Dempet Dada dan Perut Segera Dioperasi

PERISTIWA | 6 Agustus 2019 19:33 Reporter : Erwin Yohanes

Merdeka.com - Kesehatan bayi kembar dempet perut dan dada Azila dan Akila yang terus membaik, membuat tim dokter berencana memisahkan keduanya secepat mungkin. Rencananya, Rabu (7/8) besok, tim dokter akan menggelar rapat untuk menentukan jadwal operasi pemisahan.

"Secara umum Akila-Azila dalam kondisi sehat. Makan minumnya kuat dan pergerakannya aktif. Dan alhamdulillah hasil pemeriksaan city scan sudah ada dan kita akan rapat untuk menentukan kapan waktu pemisahan bayi dilakukan," kata Ketua Tim Dokter Kembar Siam RSUD Dokter Soetomo Surabaya, dr Agus Hariyanto.

Dia menambahkan, secara keseluruhan kondisi kedua bayi, Akila dan Azila baik dan sehat. Bahkan konsumsi susu keduanya cukup bagus.

Di singgung kondisi demam yang sempat dialami bayi Azila, dokter Agus mengatakan hal tersebut sudah biasa terjadi pada bayi apabila dilakukan pemeriksaan.

"Demam itu karena resiko pemasangan infus dan biasa terjadi pada anak. Dan setelah kejadian itu, infus kita lepas dan Azila kita beri obat penurun panas. Alhamdulillah kondisinya pun berangsur angsur membaik," imbuh dr Agus.

Meski belum diketahui waktu atau jadwal operasi pemisahan namun tim dokter dan perawat terus melakukan pengawasan ketat terhadap kedua bayi. Khususnya dalam masalah kesehatan bayi.

Sebab, bayi kembar siam anak pertama pasangan Jayasrin dan Selvina yang kini dirawat di Ruang Bobo 1 Irna Anak RSUD Dokter Soetomo Surabaya itu, harus dalam kondisi sehat dan siap untuk menjalani operasi pemisahan.

Rencananya, rapat penentuan jadwal operasi bayi kembar siam asal Kendari Sulawesi Tenggara ini direncanakan pada Rabu (7/8) pagi besok. "Tim dokter akan menggelar rapat untuk menentukan waktu atau jadwal operasi pemisahan," tambahnya.

Baca juga:
70 Dokter RSUD Soetomo Dilibatkan Operasi Pemisahan Bayi Dempet Dada dan Perut
Bayi Kembar Dempet Dada dan Perut asal Kendari Jalani Perawatan di Surabaya
Bayi Kembar Dempet Perut Adam-Malik Berhasil Dipisahkan
Hasil Pemeriksaan Medis, Bayi Kembar Siam di Bali Punya Organ Sendiri-Sendiri
Bayi Kembar Siam Dempet Perut, Adam dan Malik akan Dipisahkan 23 Juli
Tim Dokter Optimistis Pemisahan Bayi Kembar Siam Adam Malik Sukses
Rumah Sakit Tanggung Biaya Operasi Pemisahan Bayi Kembar Siam Adam-Malik

(mdk/gil)