Keterisian RS Tembus 70 Persen, Wisma Atlet JSC Palembang Dibuka Bagi Pasien Covid-19

Keterisian RS Tembus 70 Persen, Wisma Atlet JSC Palembang Dibuka Bagi Pasien Covid-19
ruang isolasi di Wisma Atlet Jakabaring. ©2020 Merdeka.com
PERISTIWA | 11 Mei 2021 15:01 Reporter : Irwanto

Merdeka.com - Wisma Atlet di komplek Jakabaring Sport City (JSC) Palembang difungsikan sebagai tempat perawatan pasien Covid-19. Hal ini dilakukan karena terjadi peningkatan Bed Occupancy Ratio (BOR) atau tingkat keterisian tempat tidur rumah sakit yang mencapai 70 persen.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan, wisma atlet yang disiapkan sebanyak tiga tower dengan total 567 kamar. Untuk sementara, pihaknya baru mengoperasikan satu tower wisma atlet untuk berjaga-jaga mengantisipasi tingginya pasien Covid-19 di rumah sakit.

"Besok atau sebelum lebaran, satu wisma atlet di JSC akan dibuka, hari ini disiapkan dulu. Ini untuk berjaga-jaga," ungkap Deru, Selasa (11/5).

Dikatakan, tingkat BOR di Palembang sudah mencapai 70 persen atau di atas angka standar yang ditentukan WHO. Selain terjadi peningkatan kasus, BOR tersebut juga akibat Pemkot Palembang yang mengurangi jumlah tempat tidur di setiap rumah sakit dengan total hanya 700 tempat tidur.

"Tadi malam saya minta Wali Kota Palembang untuk mengembalikan fungsi bed ke semula. Kalau bednya ditambah maka BOR Palembang jadi 40 persen," ujarnya.

Epidemiolog Universitas Sriwijaya Palembang Iche Andriyani Liberty sebelumnya menjelaskan, jumlah BOR di Sumsel selama sepekan meningkat dari 55 persen menjadi 58 persen akibat adanya kenaikan mobilitas masyarakat terutama setelah Paskah dan awal Ramadan.

Kenaikan BOR diikuti juga meningkatnya angka kematian Covid-19 mencapai 4,93 persen melebihi angka nasional 2,7 persen, angka kesembuhan mencapai 88,14 persen masih lebih rendah dibanding nasional 91,5 persen, dan angka sebaran kasus di atas 30 persen.

"Pemerintah harus mengantisipasi lonjakan kasus, angka itu perlu diwaspadai bersama," kata dia. (mdk/bal)

Baca juga:
Komnas KIPI Rekomendasikan Pemuda Meninggal Usai Divaksinasi AstraZeneca Diautopsi
Bupati Serang Terima Laporan Dua Pemudik Positif Covid-19
Satgas Covid-19 Minta Pemda Awasi Kegiatan Komunitas Hingga Tingkat RT/RW
5.092 Anak di Sumbar Terpapar Covid-19, IDAI Ingatkan Orang Tua Lebih Waspada
24 Jemaah Terpapar Covid-19, Satu Masjid di Balikpapan Ditutup Sementara
Gubernur Koster Klaim Kasus Covid-19 di Bali Menurun
Data Terbaru Pasien Covid-19 di RSD Wisma Atlet Kemayoran

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami