Ketua Dewan Pers Minta Pers Tetap Jaga Kredibilitas Informasi di Tengah Pandemi

Ketua Dewan Pers Minta Pers Tetap Jaga Kredibilitas Informasi di Tengah Pandemi
Muhammad Nuh jadi Ketua Dewan Pers. ©Liputan6.com/Helmi Fithriansyah
NEWS | 12 Oktober 2020 14:29 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Dewan Pers mengingatkan kepada seluruh insan pers Tanah Air agar selalu menjaga kredibilitas informasi yang disajikan untuk masyarakat. Terlebih dalam kondisi negara sedang menghadapi keadaan wabah atau pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

"Dalam kondisi kayak apa pun, berita yang disajikan kawan-kawan itu tetap menjaga kredibilitasnya. Oleh karena itu harus dihindari betul terjadinya misinformation atau malinformation, itu harus dikelola betul. Jangan sampai terjadi (misinfromasi) itu," Kata Ketua Dewan Pers, Mohammad Nuh, dalam bincang bersama Liputan6.com pada Senin (12/10).

Jika disinformasi terjadi, sambung Nuh, tentunya akan memberikan dampak tak baik di masyarakat.

"Oleh karena itu taruhan besar bagi kawan-kawan jurnalis," katanya.

Dia menyadari, kondisi pandemi membuat kerja jurnalis dihadapkan pada keterbatasan secara fisik untuk mengakses informasi primer. Tapi di sisi lain, seorang jurnalis tetap dituntut untuk menyajikan informasi yang kredibel.

"Jangan sampai kita kena atau terjebak yang namanya keputusasaan, jangan sampai. Atau jangan sampai pesimisme. Justru kita dorong optimisme publik itu," pesannya.

Insan media, katanya, juga dituntut untuk bisa membangkitkan empati publik. Di mana publik bisa bergerak secara konkret untuk ikut membantu pemerintah dalam menangani pandemi.

"Oleh karena itu kawan-kawan media harus terus menerus melakukan edukasi publik," pungkasnya.

Reporter: Yopi Makdori
Sumber: Liputan6.com (mdk/lia)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami