Ketua DMI Bertemu Jokowi Bahas Pelaksanaan Salat Jumat Jelang New Normal

Ketua DMI Bertemu Jokowi Bahas Pelaksanaan Salat Jumat Jelang New Normal
PERISTIWA | 3 Juni 2020 18:51 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla atau JK berkonsultasi dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi serta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait pelaksanaan Salat Jumat.

Dia menjelaskan, jika Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tidak diperpanjang maka Salat Jumat akan dilaksanakan pada Jumat (5/5) pekan ini.

"InsyaAllah lusa (pelaksanaan salat Jumat), ini setelah saya berkonsultasi dengan Bapak Presiden dan bapak Gubernur DKI. Bahwa apabila DKI besok tidak lagi memperpanjang PSBB maka berarti ada perbaikan yang signifikan di DKI dan juga daerah-daerah lainnya," kata JK saat meninjau persiapan Masjid Al-Azhar untuk Salat Jumat, Jakarta Pusat, Rabu (3/6).

Mantan Wakil Presiden itu menjelaskan, tempat-tempat umum bisa dibuka nantinya dengan beberapa syarat. Yaitu harus melaksanakan protokol kesehatan yang ketat.

"Nah setelah kita pelajari protokol kesehatan justru di rumah ibadah. Masjid, gereja, protokol kesehatan itu tiga, jaga jarak, pakai masker , dan cuci tangan semua dilakukan di masjid. Kita jaga jarak 1 meter, kalau ada jemaah tidak pakai masker suruh dulu pakai masker baru boleh masuk," jelasnya.

JK pun menjelaskan tetap menunggu keputusan Anies terkait keputusan apakah PSBB akan diperpanjang atau tidak. Hal tersebut juga jadi keputusan apakah akan masjid juga digunakan.

"Iya nunggu besok," tutupnya. (mdk/fik)

Baca juga:
Meski PSBB Diperpanjang, Tempat Ibadah di Palembang Dibuka Kembali
JK Minta Tempat Ibadah Dibuka Lebih Dahulu daripada Kantor atau Mal
Penyemprotan Disinfektan di Masjid Al-Azhar
Rencana Dibuka Kembali, Pura di Tangerang Disemprot Disinfektan
Pura Kerta Jaya Tangerang Terapkan Physical Distancing
Jelang New Normal, Masjid Istiqlal Disemprot Disinfektan

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami