Ketua DPR Minta Pemerintah Lakukan Studi Kelayakan Daerah Kandidat Ibu Kota Baru

PERISTIWA | 30 April 2019 16:50 Reporter : Sania Mashabi

Merdeka.com - Ketua Dewan Pewakilan Rakyat (DPR) Bambang Soesatyo meminta pemerintah untuk melakukan studi kelayakan terkait pemindahan ibu kota dari Jakarta ke luar Jawa. Salah satu yang perlu dikaji adalah aspek infrastruktur.

"Terutama dari sisi infrastruktur yang mendukung wilayah tersebut menjadi ibu kota, seperti bangunan perkantoran, bandara, transportasi, maupun Sumber Daya Manusia (SDM). Sehingga pemindahan ibu kota dapat terlaksana sesuai tahapan yang telah direncanakan," kata Bambang dalam keterangan tertulisnya, Selasa (30/4).

Selain infrastruktur, pria yang akrab disapa Bamsoet ini juga meminta pemerintah untuk menyiapkan anggaran yang matang untuk memindahkan ibu kota. Sebab, kata dia, pemindahan ibu kota perlu anggaran yang besar.

"Mendorong pemerintah untuk mempersiapkan anggaran secara matang dan terencana dengan baik, mengingat anggaran yang akan digunakan untuk pemindahan ibu kota sangat besar," ungkapnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyetujui rencana pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke luar Pulau Jawa. Ini disampaikan Presiden Jokowi saat menanggapi laporan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro mengenai tiga lokasi alternatif ibu kota baru Indonesia.

Menteri Bambang dalam laporannya menyebut tiga lokasi alternatif tersebut yakni pertama tetap di Jakarta. Kedua di sekitar Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi, ketiga di luar Pulau Jawa.

"Kalau saya sih alternatif satu dan dua sudah tidak," ucap Presiden Jokowi di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (29/4). (mdk/ray)

Baca juga:
Soal Anggaran Pemindahan Ibu Kota, Sri Mulyani Tunggu Kajian Bappenas
Sandi Nilai Perlu Ada Kajian Komprehensif Jika Ibu Kota Ingin Dipindah
Ibu Kota Baru Harus Terapkan Teknologi Digital
Bos BKPM Sebut Pemindahan Ibukota Beri Angin Segar Bagi Investor
Ibu Kota Pindah, Pemerintah Ingin Lokasi Baru Punya Akses Langsung ke Pantai

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.