Ketua DPR Minta Pemerintah Moratorium Kedatangan WNA Selama Larangan Mudik

Ketua DPR Minta Pemerintah Moratorium Kedatangan WNA Selama Larangan Mudik
Kapolri dan Puan Tinjau Arus Mudik di Bandara Soetta. ©2021 Merdeka.com/Bachtiarudin Alam
NEWS | 12 Mei 2021 15:46 Reporter : Kirom

Merdeka.com - Ketua DPR RI Puan Maharani meminta pemerintah melakukan moratorium kedatangan warga negara asing ke Indonesia selama masa pelarangan mudik Lebaran 2021. Alasannya, demi keadilan bersama.

Hal itu disampaikan Puan usai meninjau pelaksanaan larangan mudik di Bandara Soekarno-Hatta dan Tol Cikampek, Rabu (12/5).

"Pemerintah dalam masa peniadaan mudik ini untuk bisa memberikan rasa keadilan kepada masyarakat, sehingga untuk menunda kedatangan warga negara asing ke Indonesia dalam jangka waktu tertentu, sehingga tidak ada orang dari luar negeri datang ke Indonesia,” kata Puan dalam keterangannya, Rabu (12/5).

"Namun tentu ada pengecualian khusus terkait hal tertentu yang tidak bisa kita larang," sambung Puan.

Puan bersyukur sarannya didengarkan. Dia mengklaim, hari-hari selanjutnya tidak akan ada WNA masuk ke Indonesia selama masa larangan mudik Lebaran. Aturan ini berlaku untuk penerbangan reguler maupun pesawat carter.

"Alhamdulillah hal itu sudah dilakukan, dan sampai saat ini menjelang Idulfitri, sampai batas waktu yang ditentukan, untuk memberi keadilan ke masyarakat, kita tidak akan mengizinkan warga negara asing dengan tujuan tertentu tanpa izin khusus, apakah itu dilakukan secara reguler atau pesawat carter," ucap Puan.

Saat meninjau Bandara Soekarno Hatta, Puan melihat terjadi penurunan signifikan penumpang di terminal kedatangan dan keberangkatan. Dia menegaskan agar aparat di lapangan bertugas sesuai mekanisme yang ditentukan, dan disiplin pada protokol kesehatan.

"Pada kesempatan ini meminta instansi unsur jajaran terkait TNI, Polri sungguh-sungguh mengawal pelaksanaan peniadaan mudik ini," kata Puan.

Dia kembali menegaskan, peniadaan mudik Lebaran tahun ini guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di tanah air. Untuk itu, petugas dari sejumlah inatansi terkait diminta sungguh-sungguh dalam bertugas melakukan pengawasan dan penyekatan masyarakat.

Reporter: Delvira Hutabarat dan Kirom (mdk/noe)

Baca juga:
12 Pemudik asal Denpasar Berencana Menyeberang ke Jawa Menumpang Perahu Nelayan
Hingga H-1 Lebaran, 8.000 Kendaraan Dipaksa Putar Balik Saat Masuk Jawa Tengah
Menko PMK Sebut Petugas di Perbatasan Sulit Bedakan Pemudik dengan Pekerja
Polisi Antisipasi Mudik Lokal di Bandung dengan Sistem Buka Tutup Jalan
Sebar Ajakan Mudik Bareng ke Sumatera, 3 Provokator Ditangkap Polres Cilegon
Penjualan Rest Area Turun 95 Persen Imbas Larangan Mudik

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami