Ketua DPRD Desak Gubernur Banten Bantu Pemulangan Warga dari Papua

PERISTIWA | 1 Oktober 2019 15:16 Reporter : Dwi Prasetya

Merdeka.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Banten Andra Soni mendesak Gubernur Banten Wahidin Halim segera turun tangan membantu warganya di Papua yang tak bisa pulang lantaran terkendala biaya dan ongkos pesawat.

"Saya berharap kepala daerah (Gubernur Banten) segera membantu (warganya yang masih tertahan di Papua)," kata Andra Soni saat dikonfirmasi, Selasa (1/10).

Pihaknya pun akan segera berkoordinasi dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Banten untuk segera menangani masalah tersebut. Secepat mungkin mencari jalan keluar dan membicarakan mekanisme pemulangan.

"Saya akan kontak Pemda melalui Disnaker dan saya akan diskusi dengan disnaker gimana nanti mekanismenya (pemulangan)," katanya.

Selain itu, dikatakan akan Andra, dirinya akan mengonfirmasi langsung kondisi warga Banten yang berada di Jayapura, Papua. Lalu melakukan monitoring upaya kepulangan yang dilakukan oleh Pemprov Banten.

"Pertama saya akan telepon Disnaker karena mereka perantau di sana saya akan kontak warga banten di sana kita akan monitor pihak terkait," katanya.

Sebelumnya, belasan perantau asal Banten di Papua meminta dipulangkan pasca kerusuhan yang terjadi di beberapa titik di Provinsi Papua. Mereka tersebar di beberapa wilayah di Sentani dan Waena Jayapura, Papua. (mdk/bal)

Baca juga:
Tak Punya Ongkos, Belasan Warga Banten Korban Kerusuhan Wamena Minta Dipulangkan
Cerita Penyanderaan 300 Orang saat Kerusuhan di Wamena
Jamin Keamanan, Kapolda Papua Minta Para Pengungsi Kembali ke Wamena
Begini Kondisi Pengungsian Warga yang Keluar dari Wamena di Sentani
Kapolda Papua Tinjau Posko Pengungsi Wamena di Sentani

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.