Ketua DPRD Tolikara Bantah Terkait dengan Kasus Penjualan Senjata ke KKB

Ketua DPRD Tolikara Bantah Terkait dengan Kasus Penjualan Senjata ke KKB
Ketua DPRD Kabupaten Tolikara, Sonny Wanimbo. ©2021 Merdeka.com/Antara
PERISTIWA | 19 Juni 2021 11:00 Reporter : Dedi Rahmadi

Merdeka.com - Ketua DPRD Kabupaten Tolikara, Sonny Wanimbo, membantah mengenal pelaku penjual senjata dan amunisi untuk kelompok bersenjata Ratius Murib alias Neson Murib yang ditangkap personel Satuan Tugas Operasi Nemangkawi.

"Saya tidak kenal dengan pelaku RM. Keterangan menyebutkan saya kenal dan kuliah di Bali. Sementara sampai saat ini saya kuliah universitas di Jakarta dan masih menempuh pendidikan pascasarjana," kata Wanimbo dalam keterangan kepada media di Jayapura, Papua, Sabtu (19/6).

Ia mengatakan, pemberitaan di media yang telah mengaitkan dia dengan tranfer uang kepada pelaku penjual senjata ke kelompok bersenjata yang tertangkap sama sekali tidak benar.

"Saya orang Tolikara sementara pelaku dari Puncak Jaya, ya ini tidak benar tuduhan terhadap saya sebagai ketua DPRD Tolikara," kata dia.

Informasi hoaks ini, menurut Wanimbo, sangat mencemarkan nama baiknya dan membunuh karakter pribadinya secara sistimatis, juga sebagai ketua DPRD Tolikara.

"Saya akan menempuh jalur hukum terhadap pihak-pihak yang merugikan nama baiknya, nanti kuasa hukum akan melihat penanganan lebih lanjut," ujar dia, yang didampingi kuasa hukumnya, Aloysius Renwarin, dan bekas anggota DPR, D Dwijangge.

Wanimbo mengatakan, hingga saat ini belum ada surat panggilan kepadanya untuk dimintai keterangan terkait masalah hubungan dengan pelaku penjual senjata dan amunisi kelompok bersenjtara.

Personel Operasi Nemangkawi telah menangkap satu pelaku penjual senjata dan amunisi kepada kelompok bersenjata di Puncak Jaya, Ratius Murib alias Neson Murib, serta menyita barang bukti berupa uang sekitar Rp370 juta. (mdk/ded)

Baca juga:
Polda Papua Ambil Alih Kasus Penyuplai Dana ke KKB Diduga Seret Ketua DPRD Tolikara
KKB di Papua Wilayah Mamta Serahkan Empat Pucuk Senpi ke Polisi
Pemasok Senjata dan Amunisi KKB Ditangkap di Timika Bawa Uang Rp370 Juta
Ketua MPR Minta Satgas Nemangkawi Investigasi Penjual Senjata Api ke KKB Papua
Satgas Nemangkawi Tangkap Terduga Penjual Senpi ke KKB Puncak Jaya Papua
Mahfud Sebut Penyelesaian Masalah di Papua Tak Bisa dengan Senjata

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami