Ketua KPK: Kinerja Penegak Hukum Tak Hanya Diukur Berapa Banyak Kami Tangkap

Ketua KPK: Kinerja Penegak Hukum Tak Hanya Diukur Berapa Banyak Kami Tangkap
Bupati Banjarnegara Ditahan KPK. ©2021 Liputan6.com/Helmi Fithriansyah
NEWS | 26 Januari 2022 11:30 Reporter : Ahda Bayhaqi

Merdeka.com - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri memamerkan hasil kinerja KPK dalam upaya pencegahan saat rapat kerja dengan Komisi III DPR RI, Rabu (26/1). KPK berhasil menyelamatkan keuangan negara sebesar Rp114,29 triliun selama 2021.

"KPK juga bekerja keras dalam rangka upaya pencegahan tindak pidana korupsi. Karenanya melalui koordinasi dan supervisi menyelamatkan keuangan negara sebesar 114,29 triliun pada tahun 2021," ujar Firli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (26/1).

Menurut Firli, pencegahan, koordinasi dan supervisi sama pentingnya dengan kinerja penindakan. Ia mengatakan, kinerja KPK tidak hanya diukur dari berapa banyak pelaku korupsi ditangkap atau ditahan.

"Kenapa ini dikedepankan pencegahan koordinasi dan supervisi karena sesungguhnya kinerja kita bukan hanya diukur seberapa banyak orang ditahan, bukan seberapa banyak orang yang kami tangkap," ujar Firli.

Kinerja KPK, kata mantan Kapolda Sumsel ini, harus bisa mencegah tidak lagi terjadi korupsi dan bisa membuat korupsi tidak terulang.

"Kinerja kita harus diukur juga bagaimana kita bisa mencegah supaya tidak terjadi korupsi dan jika terjadi korupsi maka korupsi tersebut tidak terulang kembali," katanya.

Firli menuturkan, hal ini selaras dengan perintah Presiden Joko Widodo bahwa kinerja KPK harus juga bisa mencegah orang tidak korupsi.

"Hal ini selaras dengan amanat presiden dalam kesempatan kepada KPK kinerja penegak hukum tidak hanya diukur seberapa banyak orang dipenjarakan tapi harus diukur tidak terulang kembali pelaku-pelaku korupsi," tutupnya.

Baca juga:
Firli: KPK Tak Lagi Pakai Istilah Operasi Tangkap Tangan
Anggota Komisi III Minta KPK Ungkap Kasus yang Belum Tuntas, Jangan Disembunyikan
KPK Dalami Pengakuan Ketua DPRD Kota Bekasi Terima Rp200 Juta dari Rahmat Effendi
KPK Ikut Pantau Pembangunan Ibu Kota Negara
Anggota Legislatif Paling Rendah dalam Melaporkan LHKPN
KPK Selamatkan Uang Negara Rp416,9 Miliar pada 2021

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami