Ketua KPK Minta Para Buronan Serahkan Diri

Ketua KPK Minta Para Buronan Serahkan Diri
PERISTIWA | 3 Maret 2020 13:40 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih belum berhasil menemukan terduga koruptor yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) alias buronan. KPK juga bekerjasama dengan Polri.

Tercatat, sejak KPK dipimpin Komjen Firli Bahuri, terdapat empat tersangka yang dijerat sebagai DPO. Mereka adalah politikus PDIP Harun Masiku, Eks Sekretaris MA Nurhadi, menantu Nurhadi bernama Rizky Herbiono, dan Direktur PT MIT Hiendra Soenjoto.

"KPK tetap pada komitmen untuk mencari dan menangkap para pelaku korupsi yang melarikan diri, itu pertama. Kedua, KPK sudah melakukan upaya pencarian di puluhan lokasi, tetapi keberadaan yang bersangkutan tidak ada," ujar Ketua KPK Firli Bahuri di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (3/3).

Belum mampu menangkap para buronan, Firli pun berharap agar mereka mau menyerahkan diri, baik ke kantor kepolisian maupun langsung ke KPK.

"Untuk itu KPK mengimbau, meminta kepada yang bersangkutan untuk menyerahkan diri dan mempertanggungjawabkan perbuatannya sesuai dengan hukum yang berlaku," kata Firli.

Menurut Firli, jika para buronan tak menyerahkan diri, maka KPK yang bekerjasama dengan Polri akan terus melakukan perburuan.

"Kalau mereka tidak menyerahkan diri, kita akan tetap melakukan pencarian sampai dia tertangkap. Kita akan kejar terus sampai tertangkap, targetnya itu," kata Firli.

Reporter: Fachrur Rozie (Liputan6.com) (mdk/did)

Baca juga:
Eks Anggota DPRD Bandung Jalani Pemeriksaan Lanjutan di KPK
Belajar Antikorupsi, Finalis Puteri Indonesia 2020 Sambangi KPK
Komisioner KPU Serahkan Sejumlah Dokumen Terkait Kasus PAW Harun Masiku ke KPK
Suap Proyek Infrastruktur di Sidoarjo, KPK Periksa Tersangka Sanadjihitu
KPK Periksa Mantan Bupati Bogor Nurhayanti
Kasus Suap Eks Anggota KPU, KPK Periksa Teller Bank Mandiri Manokwari

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami