Ketua KPK Soal Vonis Taufik Kurniawan: Kalau 2/3 dari Tuntutan, Biasanya Kita Terima

PERISTIWA | 16 Juli 2019 16:43 Reporter : Purnomo Edi

Merdeka.com - Ketua KPK, Agus Rahardjo berkomentar soal putusan Pengadilan Tipikor Semarang yang memvonis enam tahun penjara kepada Wakil Ketua DPR nonaktif, Taufik Kurniawan. Taufik dinyatakan bersalah terlibat dalam kasus Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupaten Kebumen dan Purbalingga.

Agus menyebut jika vonis yang diterima Taufik Kurniawan sudah dua pertiga dari tuntutan jaksa KPK. Jaksa KPK menuntut Taufik Kurniawan dengan hukuman delapan tahun penjara.

"Yang penting kita ukurannya selalu dua pertiga. Kalau sudah memenuhi dua pertiga terus tuntutan diakomodasi oleh majelis hakim biasanya menerima," ujar Agus di Yogyakarta, Selasa (16/7).

Agus menerangkan hingga saat ini, KPK belum menerima salinan vonis yang dijatuhkan Pengadilan Tipikor Semarang. Karena belum menerima salinan vonis itu, Agus pun enggan berkomentar lebih lanjut tentang kasus Taufik Kurniawan.

"Saya belum tahu (hasil putusannya), karena selalu itu dibicarakan. Tapi selalu ukuran kita dua pertiga dari tuntutan," ungkap Agus.

Sebelumnya, Hakim menilai terdakwa terbukti menerima suap DAK untuk Kabupaten Purbalingga dan Kebumen pada periode 2016-2017. Saat itu, Bupati Kebumen masih dijabat oleh Muhammad Yahya Fuad dan Bupati Purbalingga masih dijabat Tasdi. Sedangkan terdakwa merupakan pimpinan DPR.

Dugaan suap yang menjerat Taufik Kurniawan yaitu mengurus DAK di Kabupaten Kebumen dan Purbalingga. Suap pengurusan DAK Kabupaten Kebumen yang bersumber dari perubahan APBN 2016 sebesar Rp3,65 miliar, dan pengurusan DAK Kabupaten Purbalingga yang bersumber dari perubahan APBN 2017 sebesar Rp1,2 miliar.

Baca juga:
Sudah Divonis Enam Tahun, Taufik Kurniawan Masih Nikmati Gaji Wakil Ketua DPR
KPK Sita Uang Patungan Pengusaha Rp1,2 Miliar Terkait Suap Taufik Kurniawan
KPK Apresiasi Hakim Cabut Hak Politik Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan
Kasus Suap DAK, Wakil Ketua DPR Nonaktif Taufik Kurniawan Divonis 6 Tahun Penjara
Taufik Kurniawan Tuding Ketua DPW PAN Jateng Terlibat Kasus Suap DAK

(mdk/ray)