Ketua KPK Tegaskan akan Periksa Semua Pihak Terkait Harun Masiku

PERISTIWA | 27 Januari 2020 22:40 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Ketua KPK Firli Bahuri memastikan akan memeriksa semua pihak yang terkait dengan kasus mantan caleg PDI Perjuangan Harun Masiku yang kini buron. Pernyataan itu disampaikan Firli saat ditanya awak media apakah istri Harun termasuk salah satu yang akan dicecar KPK.

"Begini, semua yang ada kaitannya tersangka, apakah itu keterangan itu terkait, saya tidak menyebut istrinya, ya, semua orang yang mengetahui tentang suatu peristiwa pidana. Apakah dia ada kaitan dengan peristiwa itu, atau karena dia mengetahui peristiwa itu, atau karena mengalami peristiwa itu, pasti kita akan panggil. Prinsipnya begitu," kata Firli di kompleks Parlemen Senayan, Senin (27/1).

Keterangan para saksi atau saksi yang baru akan dipanggil, menurut Firli harus berdasar fakta.

"Keterangan saksi adalah keterangan seseorang berdasarkan pengalamannya yang didengarnya, yang diketahuinya, yang dilihatnya, saya kira itu," katanya.

Sebelumnya, Firli mengklaim KPK sudah mencari tersangka Harun Masiku di berbagai daerah di Indonesia. Pihaknya mengklaim sudah mencari dari Sulawesi dan juga Sumatera Selatan. Namun hingga kini hasil masih nihil.

"Kami sudah cari, semua wilayah yg ada indikasi ada tempat persembunyiannya, apakah di sulawesi, apakah di sumatera selatan, sudah kita lakukan semua. Tapi belum ada, belum ketangkap," kata Firli.

Firli menyatakan mencari seorang buron bukan hal yang mudah. Ia mengibaratkan mencari jarum dan tumpukan jerami.

"Nyari orang itu enggak gampang memang ya, itu sama dengan cari jarum dalam sekam, oke," ujarnya.

Reporter: Delvira Hutabarat

Sumber: Liputan6.com (mdk/bal)

Baca juga:
PDIP Terbelah Gara-gara Rasuah
Dilaporkan ke KPK Soal Harun Masiku, Yasonna Bilang 'Itu sah-sah saja'
Yasonna Dianggap Rintangi KPK: Saya Belum Terlalu Tolol Lakukan Separah itu
KPK Perpanjang Masa Tahanan 3 Tersangka Kasus Korupsi PAW Harun Masiku
Ribut-ribut PDIP dan Demokrat Saat Rapat Bersama KPK Bahas Kasus Harun Masiku

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.