Ketua MA Baru Diharapkan Sosok Berintegritas dan Tak Punya Catatan Hukum

Ketua MA Baru Diharapkan Sosok Berintegritas dan Tak Punya Catatan Hukum
PERISTIWA | 6 April 2020 09:19 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Ketua Mahkamah Agung (MA), Hatta Ali, akan memasuki masa pensiun pada Selasa 7 April besok. Oleh karena itu, MA menggelar pemilihan ketua baru hari ini.

Koalisi Pemantau Peradilan (KPP) berharap jajaran peradilan memilih ketua MA yang berintegritas dan dapat menjadi suri tauladan bagi seluruh warga pengadilan.

"Ketua MA harus berintegritas, yang ditunjukkan dengan gaya hidup dan profil kekayaan yang sesuai dengan sumber penghasilan dan norma-norma jabatan hakim," ujar anggota KPP yang juga Ketua Harian MaPPI-FHUI, Dio Ashar Wicaksana, dalam keterangannya, Senin (6/4).

KPP juga berharap ketua MA baru nanti tidak dibebani catatan hukum masa lalu yang berpotensi pada menindaklanjuti hasil pemeriksaan atau pelanggaran etik hakim dan pegawai pengadilan dengan tegas.

Ketua MA juga harus mampu mengenali dan menempatkan kebutuhan jabatan hakim dan fungsi pelayanan publik/penanganan perkara di pengadilan adalah prioritas utama dalam proses pembaruan peradilan.

"Terbuka dan bersedia membangun hubungan baik dengan lembaga negara lain, terutama Komisi Yudisial, untuk saling melengkapi dalam upaya mewujudkan peradilan yang independen dan kompeten bagi rakyat Indonesia," kata dia.

1 dari 1 halaman

Perhatian pada Kelompok Rentan

Selain itu, Ketua MA baru diharapkan mampu memproyeksikan fungsi MA sebagai pengadilan kasasi dan pembentuk kesatuan hukum secara operasional dan institusional lewat kebijakan-kebijakan dalam penanganan perkara di MA.

Ketua MA harus menaruh perhatian atas perlindungan hak-hak kelompok rentan dalam proses peradilan, yaitu perempuan, anak, penyandang disabilitas dan masyarakat miskin.

"Berwibawa yang tidak ragu menggunakan kewenangan yang diberikan undang-undang sebagai penyeimbang sekaligus pelindung hak-hak warga negara, termasuk ketika harus berhadapan dengan lembaga negara lainnya," katanya.

Reporter: Fachrul Rozie
Sumber: Liputan6.com (mdk/lia)

Baca juga:
Hari Ini, Mahkamah Agung Gelar Pemilihan Ketua Baru
Jokowi Minta Dasar Hukum Baru Usai MA Batalkan Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan
Jadwal Persidangan di MA Tetap Jalan, Penundaan Jadi Wewenang Majelis Hakim
KPK Telaah Penemuan Belasan Moge dan 4 Mobil Mewah di Gudang Nurhadi
Resmi Bebas, Karen Agustiawan Pilih Berkumpul dengan Keluarga
Wajah Bahagia Eks Dirut Pertamina Karen Agustiawan Hirup Udara Bebas

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami