Ketua Satgas Covid-19 Minta Penyeberangan Bakauheni-Merak Diperketat

Ketua Satgas Covid-19 Minta Penyeberangan Bakauheni-Merak Diperketat
Pelabuhan Merak jelang larangan mudik. ©Liputan6.com/Herman Zakharia
NEWS | 13 Mei 2021 12:04 Reporter : Supriatin

Merdeka.com - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Doni Monardo melaksanakan salat Idulfitri di Auditorium Sutopo Purwo Nugroho, Graha BNPB. Seusai salat, dia meminta lalu lintas di penyeberangan Bakauheni-Merak diperketat.

"Perketat lalu lintas manusia di penyeberangan Bakauheni-Merak. Sekalipun sudah mengantongi surat swab, harus dicek lagi secara cermat dan seksama. Tidak ada pengecualian," katanya, Kamis (13/5).

Jika ditemukan warga yang melintasi penyeberangan Bakauheni-Merak positif Covid-19, Doni meminta segera dilakukan karantina. Dia juga mengingatkan Satgas Covid-19 di berbagai daerah untuk mengambil langkah tegas jika penularan Covid-19 meningkat.

Langkah tegas yang dimaksud yakni menerapkan lockdown skala mikro. Jika satu RT/RW memiliki lebih dari lima orang atau rumah terpapar covid, kata Doni, segera lakukan lockdown di RT/RW.

"Semua pihak harus segera mengawasi, mendukung, dan memastikan lockdown berlangsung tertib dan baik. Termasuk jaminan pasokan logistik," ujarnya.

Selain itu, Doni meminta Satgas Covid-19 terus mengimbau masyarakat menerapkan protokol kesehatan menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun.

"Kita memang harus terus cerewet. Sekali lagi, tidak masalah kita dianggap cerewet karena tujuan kita adalah agar korban corona tidak berderet-deret," tegas mantan Danjen Kopassus itu.

(mdk/ray)

Baca juga:
Rest Area Rugi Rp2 Miliar Imbas Larangan Mudik
Menhub Prediksi Peningkatan Arus Pergerakan Pemudik Usai Lebaran
Sempat Direnggangkan Imbas Pemudik Berjubel, Jalur Puncak-Cianjur Kembali Disekat
Hari Pertama Idulfitri, Lalin Tol Jakarta-Cikampek Terpantau Padat
Meski Ada Larangan Mudik, Jalanan Jakarta Terlihat Sepi saat Idulfitri

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami