Ketum parpol pendukung pemerintah lengkap hadiri pernikahan putri Jokowi
PERISTIWA | 8 November 2017 10:22 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo ( Jokowi) menikahkan anak keduanya, Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution di Graha Saba Buana, Jalan Letjen Suprapto, Solo, Rabu (8/11). Sejumlah petinggi partai politik tampak hadir dalam acara resepsi pernikahan anak orang nomor satu di Indonesia itu.

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Umum PPP Romahurmuziy dan Ketua Umum NasDem tampak hadir. Begitu pula Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang (OSO), Ketua umum PAN Zulkifli Hasan dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, serta Ketua Umum Golkar Setya Novanto, tidak ketinggalan memberikan selamat pada JOkowi dan anaknya.

Bahkan, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY) beserta istri Ani Yudhoyono dan kedua anaknya, Agus Yudhoyono serta Edhie Baskoro Yudhoyono menghadiri pernikahan Bobby-Kahiyang.

Sayang, ketua umum partai oposisi tak tampak dalam hajatan kedua kalinya Jokowi sejak menjabat jadi presiden 2014 lalu. Ketum Gerindra Prabowo Subianto tak terlihat, begitu juga Presiden PKS Sohibul Iman yang sejak Pukul 09.30 WIB tidak terlihat.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno telah mengkonfirmasi tak hadirnya Prabowo. Sebab, mantan Danjen Kopassus itu tengah berada di luar negeri. Sementara Sohibul, hingga berita ini diturunkan belum dapat dikonfirmasi.

"(Prabowo) enggak hadir. Beliau sedang di luar negeri," ujar Pratikno di Graha Saba Buana, Solo, Selasa (7/11).

Bobby dan Kahiyang telah resmi menjadi pasangan suami istri. Ijab kabul diucapkan oleh Jokowi sebagai wali nikah. Sementara Wakil Presiden Jusuf Kalla sebagai saksi dari calon mempelai prempuan, dan Menko Perekonomian Darmin Nasution selaku saksi dari mempelai pria.

"Saya nikahkan dan saya jodohkan anak kandung perempuan saya, Kahiyang Ayu dengan engkau Muhammad Bobby Afif Nasution bin Erwin Nasution almarhum, dengan seperangkat alat salat emas 80 gram dibayar tunai," ucap Jokowi sambil menjabat tangan Bobby.

"Saya terima nikah dan kawinnya Kahiyang Ayu dengan seperangkat alat salat dan emas 80 gram dibayar tunai," jawab Bobby lancar disambut sahutan 'sah' dari tamu undangan.

Kedua saksi, Jusuf Kalla dan Darmin Nasution pun menganggukkan kepala tanda mengesahkan pernikahan tersebut. Acara ijab Kabul ditutup dengan doa oleh penghulu dan janji mempelai pria.

"Pada hari ini, Rabu tanggal delapan November 2017, Saya Bobby berjanji, saya akan mempergauli istri saya, Kahiyang Ayu binti Joko Widodo dengan baik sesuai ajaran Islam," janji Bobby di hadapan Jokowi.

Prosesi akad nikah yang dimulai sekira pukul 09.30 WIB berlangsung khidmat, disaksikan ratusan tamu undangan VVIP dan VIP.

(mdk/rnd)