Khofifah: Jawa Timur Sudah Bebas dari Zona Merah Covid-19

Khofifah: Jawa Timur Sudah Bebas dari Zona Merah Covid-19
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. ©2020 Istimewa
PERISTIWA | 7 Oktober 2020 11:17 Reporter : Erwin Yohanes

Merdeka.com - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indarparawansa menyebut provinsi di ujung Timur pulau Jawa ini telah diumumkan terbebas dari zona merah Covid-19 oleh Satuan Gugus Tugas Covid-19 Nasional.

Dari 38 Kab/Kota seluruh Jatim, 28 wilayah dinyatakan berkategori orange atau risiko sedang, 10 sisanya berkategori zona kuning atau risiko rendah.

"Satuan Gugus Tugas Covid-19 Nasional mencatatkan bahwa Jatim sudah bebas dari zona merah," ujarnya, Rabu (7/10).

Khofifah menyebut, Jawa Timur berhasil menekan penyebaran Covid-19 karena pihaknya selalu menerima pertimbangan dan masukan dari pakar epidemologi dalam penanganan covid-19.

Selain itu, penggunaan masker yang masih dan serentak juga diklaim telah dapat menurunkan kurva penambahan kasus corona di Jatim.

"Prinsipnya, kami selalu mempertimbangkan masukan dari pakar epidemiologi dalam penanganan Covid-19 di Jawa Timur. Kita juga mendapatkan data bahwa penggunaan masker yang masif dan serentak, terbukti mampu menurunkan kurva penambahan kasus Covid-19 di berbagai Negara. Di samping itu, apabila 60 persen saja populasi mau pakai masker, Rate of Transmission atau tingkat penularan bisa turun dibawah satu,” tuturnya.

Dalam satu bulan terakhir, penanganan Covid-19 di Jawa Timur difokuskan kepada perubahan perilaku dengan kampanye penggunaan masker yang masif oleh para tokoh diikuti dengan operasi Yustisi yang tidak hanya memberikan hukuman, tetapi juga memberikan reward kepada masyarakat yang patuh protokol kesehatan.

Baca Selanjutnya: Positivity rate Jatim telah turun...

Halaman

(mdk/rnd)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami