Kinerja Kejagung Dinilai Dongkrak Kepercayaan Masyarakat pada Pemerintahan Jokowi

PERISTIWA | 23 Januari 2020 20:34 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Pengamat politik dan Direktur IndoStrategi Arif Nurul Imam menilai, kinerja Kejaksaan Agung di bawah ST Burhanudin yang menetapkan lima tersangka dalam kasus PT Jiwasraya membuat pemerintah Jokowi mendapatkan apresiasi. Pengungkapan kasus tersebut juga dapat mendongkrak kepercayaan masyarakat pada pemerintah Jokowi.

"Sikap kejaksaan Agung dalam menangani kasus Jiwasraya, selain merupakan catatan positif bagi Jaksa Agung juga akan berdampak pada meningkatnya kepercayaan masyarakat pada institusi hukum dan pemerintah Jokowi," katanya saat dihubungi, Kamis (23/1).

Menurutnya, sikap Kejaksaan Agung yang berani menetapkan tersangka dalam kasus Jiwasraya tentu merupakan langkah maju dan patut diapresiasi. Sebab kasus Jiwasraya menjadi sorotan dan perbincangan masyarakat luas.

"Kasus ini juga harus didorong agar tidak hanya fokus pada persoalan hukum namun juga fokus pada pengembalian uang nasabah. Itu sebabnya, ada baiknya berkomunikasi dengan pihak terkait seperti Otoritas Jasa Keuangan dan kementerian BUMN," ujarnya.

Sikap Kejaksaan Agung, Arif mengungkapkan, juga secara tidak langsung memberi dampak pada meningkatnya kepercayaan publik pada pemerintahan Jokowi. Karena pemerintah Jokowi hari ini dituntut untuk menunaikan janji-janji politiknya termasuk dalam hal penegakan hukum.

Seperti diketahui Kejaksaan Agung telah menetapkan lima tersangka Perusahaan Asuransi Negara PT. Jiwasraya yakni mantan Direktur Keuangan Jiwasraya Hary Prasetyo, eks Direktur Utama Hendrisman Rahim, bekas pejabat Jiwasraya Syahmirwan, Komisaris PT Hanson International Tbk Benny Tjokrosaputro dan Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Tbk Heru Hidayat. (mdk/fik)

Baca juga:
Kejagung Geledah Rumah Heru Hidayat dan Hary Prasetyo Terkait Jiwasraya
Kejagung Sebut 5 Tersangka Kasus Jiwasraya Simpan Aset di Luar Negeri
Kejagung Blokir 35 Rekening Milik 5 Tersangka Kasus Jiwasraya
Mahfud MD Bela Jaksa Agung Soal Pernyataan Semanggi I dan II Bukan Pelanggaran HAM
Mahfud Tegaskan Pidana Jiwasraya dan Asabri Tak Bisa Dibelokkan ke Perdata
Kejagung Periksa 9 Saksi Terkait Dugaan Korupsi Jiwasraya

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.