Kisah Amin eks atlet senam, terseok-seok biayai cuci darah

PERISTIWA | 7 Agustus 2015 18:25 Reporter : Andrian Salam Wiyono

Merdeka.com - Nama Amin Ikhsan (42) kini tidak lagi harum seperti pada masa kejayaannya, dalam olahraga senam di tingkat Asia awal 2000. Bahkan kini sosoknya seolah dilupakan begitu saja, apalagi setelah kondisinya fisiknya menurun lantaran mengidap gagal ginjal.

Pria berkaca mata itu tak bisa lagi menampilkan gerakan senam seperti masa lampau. Amin saat ini dilarang beraktivitas berat selepas mengikuti kejuaraan Pekan Olah Raga Daerah Bekasi tahun lalu.

Pria kelahiran Bandung itu mengatakan, PORDA Bekasi merupakan panggung laga terakhirnya di dunia senam. Setelah ikut ajang olah raga empat tahunan itu, tubuhnya melemah. Dokter memvonis ginjal Amin tidak berfungsi.

KONI Bekasi pernah menjanjikan kepada Amin akan membiayai proses cuci darah mesti dilakukan tiga kali sepekan. Biaya buat sekali cuci darah adalah Rp 1,5 juta.

"Dulu saya waktu PORDA mewakili Bekasi, pas saya sakit memang dijanjikan untuk biaya perobatan," kata Amin kepada merdeka.com, Jumat (7/8).

Awalnya Amin lega karena selama lima bulan KONI Bekasi lewat Persatuan Senam Indonesia (PERSANI) menanggung biaya cuci darah. Namun pada bulan berikutnya bantuan itu berhenti hingga saat ini. Amin pun menagih janji itu, tetapi tidak ditanggapi KONI Bekasi.

Meski demikian, Amin tetap bersyukur biaya cuci darah kini ditanggung asuransi kesehatan dari pemerintah. "Seminggu saja untuk cuci darah bisa Rp 4,5 juta. Kalau obat ada item yang tidak ditanggung pemerintah," ucap Amin.

Kini kondisi Amin semakin terpuruk. Tidak ada perhatian atas jasa dan prestasinya selama menjadi atlet senam. Rumahnya sebagai tempat berteduh dan dijadikan mata pencaharian dengan disewakan sebagai indekos dan studio musik, justru digusur Pemerintah Kota Bandung. Alasannya, kawasan Kelurahan Kebonwaru, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung akan diubah menjadi hunian apartemen, rusunawa, dan ruang terbuka hijau (RTH).

Kini, Amin terpaksa tidur di tenda dadakan di atas puing-puing rumah sudah dia tempati selama puluhan tahun. Amin hanya menanti kejelasan ganti rugi akan diberikan Pemkot Bandung atas penggusuran rumahnya.

Ini eks atlet nasional yang jadi gelandangan gara-gara rumah digusur

Aksi wanita berbikini latihan yoga di atas Laut Adriatik

Lompatan indah para atlet cantik di Kejuaran Dunia Aquatics

Aksi petarung seksi berlatih jelang Lingerie Fighting Championships

Doyan main bulutangkis? Ini 9 manfaat sehatnya! [Part 1]

Doyan main bulutangkis? Ini 9 manfaat sehatnya! [Part 2]

(mdk/ary)