'Kisah Bu Yul Merobek Rasa Kemanusiaan dan Keadilan di Negeri Ini'

'Kisah Bu Yul Merobek Rasa Kemanusiaan dan Keadilan di Negeri Ini'
PERISTIWA | 21 April 2020 13:25 Reporter : Bachtiarudin Alam

Merdeka.com - Kelaparan yang menimpa keluarga Yuli, warga Serang, Banten, merobek rasa kemanusiaan. Setelah diberitakan kelaparan, tiga hari kemudian, wanita yang akrab disapa Bu Yul itu meninggal dunia.

Ibu Yuli, setelah sebelumnya mengaku kelaparan sampai cuma bisa minum air galon. Suaminya pencari barang bekas, anaknya yang biasa membantu mencari nafkah terkena PHK akibat dampak perlambatan ekonomi dari virus Corona.

Aktivis kemanusiaan dari Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras), Yati Andriyani menuturkan, kejadian ini harus menjadi pembelajaran penting dari kecepatan dan ketepatan dalam penyaluran bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Peristiwa ini kembali merobek rasa kemanusiaan dan keadilan di negeri ini. Termasuk aparatur pemerintah di lapangan untuk tidak menganggap remeh atau biasa, apabila ada yang mengadukan kesulitan, meminta bantuan karena dampak krisis Covid-19," ujar Yati saat dihubungi merdeka.com, Selasa (21/4).

Dia menambahkan, sudah seharusnya pemerintah mengubah mekanisme apabila ada yang salah. Membuat sistem mekanisme akses yang mudah dan cepat yang harus disediakan sampai level paling bawah (desa, dusun, RT, RW).

"Tindakan-tindakan yang dilakukan aparat baik level pengambil kebijakan maupun level eksekusi di lapangan. Harus berjalan dengan skema tanggap darurat yang efektif, tidak dengan skema normal atau business as usual, agar tidak berulang kasus-kasus seperti ini," jelasnya.

Dia pun menjelaskan, skema darurat yang dimaksud, bisa mendekatkan penyaluran pakai metode jemput bola pada kelompok rentan, miskin agar tidak terjadi keterlambatan serupa. Dengan menyediakan akses dari level RT, dusun maupun desa.

Baca Selanjutnya: Kisah Bu Yul...

Halaman

(mdk/rnd)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami