Kisah Haru Kakek Sukardi Bertemu Keluarga Setelah 54 Tahun Terpisah

Kisah Haru Kakek Sukardi Bertemu Keluarga Setelah 54 Tahun Terpisah
PERISTIWA | 21 September 2020 04:36 Reporter : Muhamad Agil Aliansyah

Merdeka.com - Loka Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (LRSLU) Minaula Kendari memulangkan seorang warga lanjut usia asal Jawa Tengah yang sudah 54 tahun hidup terpisah dari keluarga di Kelurahan Mandonga, Kecamatan Mandonga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

Kepala LRSLU Minaula Kendari Syamsuddin mengatakan bahwa petugas Dinas Sosial Kota Kendari yang menemukan Sukardi (71) tinggal sebatang kara di Kelurahan Mandonga membawanya ke rumah singgah dan kemudian merujuk dia ke Residential Care LRSLU Minaula Kendari.

Sebagaimana dikutip dalam siaran pers LRSLU Minaula yang diterima di Kendari, Minggu, Syamsuddin menuturkan bahwa Sukardi mengaku berasal dari Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, dan masih punya keluarga di Wonogiri.

"Sejak usia 17 tahun merantau ke Kendari dan tidak pernah kembali ke Jawa lagi," katanya.

LRSLU Minaula Kendari kemudian menghubungi Dinas Sosial Kabupaten Wonogiri, yang membantu menelusuri keberadaan keluarga Sukardi di Desa Banaran, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri.

Dinas Sosial Wonogiri lantas menghubungi aparatur Desa Banaran Ikhsanudin, yang membantu menghubungkan Sukardi dengan keluarganya melalui panggilan video.

Setelah keluarga menyatakan bersedia menerima dan merawat Sukardi, LRSLU Minaula Kendari membantu memulangkan Sukardi ke kampung halamannya.

"Keluarga masih mengenali Sukardi meskipun sudah puluhan tahun tidak bertemu," tutur Syamsuddin.

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Kabupaten Wonogiri Trias Budiono menyampaikan penghargaan kepada LRSLU Minaula Kendari yang telah membantu pemulangan Sukardi ke keluarga.

"Terima kasih kepada LRSLU Minaula Kendari yang telah mengantarkan Mbah Sukardi kembali kepada keluarga. Saya sampaikan kepada Ketua RW Dusun Dungtemu untuk dapat membantu mendampingi Bapak Sukardi dan keluarganya," kata Trias.

Sundiman, salah satu anggota keluarga Sukardi, menuturkan bahwa keluarga sebelumnya sudah pasrah kalau tidak bisa bertemu lagi dengan Sukardi karena dia sudah puluhan tahun merantau dan tidak diketahui keberadaannya.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada LRSLU Minaula Kendari dan Dinsos Wonogiri yang telah membantu kakek untuk bertemu dengan keluarganya. Semoga Allah membalas amal dan memudahkan rezeki semuanya," katanya. (mdk/gil)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami