Kisah Ibu Hamil di Makassar Reaktif Covid-19 hingga Bayi Meninggal di Kandungan

Kisah Ibu Hamil di Makassar Reaktif Covid-19 hingga Bayi Meninggal di Kandungan
PERISTIWA » MAKASSAR | 19 Juni 2020 06:31 Reporter : Randy Ferdi Firdaus

Merdeka.com - Kisah Ervina Yana (30), ibu hamil asal Makassar Sulawesi Selatan viral di media sosial. Ervina dikabarkan terpaksa harus kehilangan sang calon bayi karena kesulitan membayar biaya tes Covid-19.

Pemerintah memang mewajibkan untuk dilakukan tes Covid-19 terlebih dahulu sebelum melahirkan di masa pandemi Corona,. Menurut ceritanya, Ervina diwajibkan bayar Rp 2,3 juta untuk swab test.

Namun, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Makassar, Sulawesi Selatan menjelaskan detil kronologi Ervina harus kehilangan sang bayi yang meninggal di dalam perutnya.

Humas IDI Makassar dr Wachyudi Muchsin menjelaskan, Ervina tidak ditolak oleh dua rumah sakit. Informasi tersebut disebut keliru.

"Ada kekeliruan informasi di sini dan kami ingin meluruskan bahwa bukan karena dua rumah sakit menolak ditindak dalam hari bersamaan akibat tidak mampu membayar tes swab sebagai syarat untuk bisa dirawat, sehingga bayi dalam kandungan tidak bisa diselamatkan, melainkan ada alur yang harus dijalankan sesuai protokol kesehatan," kata Wachyudi, dikutip dari Antara.

Dia menjelaskan, ada alur proses sesuai protokol kesehatan yang dikeluarkan oleh Gugus Tugas Covid-19 tentang petunjuk praktis layanan kesehatan ibu dan bayi baru lahir selama pandemi Covid-19 No: B-4 tertanggal 5 April 2020.

Dalam petunjuk praktis itu, disebutkan semua ibu hamil yang akan melahirkan wajib dilakukan pemeriksaan cepat (rapid test), dan jika reaktif akan dilakukan pemeriksaan lanjutan yakni tes swab.

Untuk mengetahui kebenaran informasi ini, kata dia, IDI Makassar kemudian melakukan proses pengecekan di beberapa RS dan diperoleh penjelasan bahwa semua RS sudah sesuai dengan alur proses yang ditetapkan.

Baca Selanjutnya: Koordinasi dilakukan di RS Stella...

Halaman

(mdk/rnd)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami