Kisah Pelajar Tak Mampu Tempuh Jarak Jauh Cari Internet Gratis Demi Belajar Daring

Kisah Pelajar Tak Mampu Tempuh Jarak Jauh Cari Internet Gratis Demi Belajar Daring
PERISTIWA | 5 Agustus 2020 12:29 Reporter : Bram Salam

Merdeka.com - Sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ) akibat pandemi Covid-19 cukup menyusahkan belasan pelajar asal Karawang, Jawa Barat ini. Demi mengikuti sistem belajar daring, mereka terpaksa menempuh jarak 15 kilometer untuk mendapatkan akses internet gratis.

Kelima belas pelajar itu berasal dari sejumlah SMK di kawasan Rengasdengklok. Kondisi keluarga yang pas-pasan secara ekonomi membuat mereka mau tidak mau berburu internet gratis yang ada di pusat Kota Karawang, tepatnya di Taman Love.

"Siswa ini semuanya dari keluarga kurang mampu," cerita Asep Saepuloh, salah satu guru SMKN 3 Rengasdengklok, Rabu (5/8).

belasan anak tempuh jarak 15 km untuk dapat internet gratis

Hilda Hasanah, salah satu siswa kelas XI SMK swasta di Karawang, menceritakan ekonomi keluarganya sangat terbatas. Sebab itulah, dia tidak punya biaya membeli kuota internet sehingga mencari tempat yang menyediakan secara gratis. Meskipun harus menempuh jarak cukup jauh dan belajar di tempat terbuka.

"Bersama teman siswa yang lain terpaksa mencari wifi gratis dengan menempuh jarak 15 kilometer dari rumah," kata Hilda.

"Terpaksa berkelompok, kalau nggak ya gimana juga. Soalnya tidak ada kuota," ujar Hilda mencurahkan isi hatinya.

belasan anak tempuh jarak 15 km untuk dapat internet gratis (mdk/lia)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami