Kisah Prajurit TNI Antarkan Anak-Anak Sekolah di Tengah Banjir Sungai Mamberamo

PERISTIWA | 8 Mei 2019 04:15 Reporter : Ramadhian Fadillah

Merdeka.com - Banyak cerita menyentuh prajurit TNI membantu masyarakat di pedalaman. Seperti yang dilakukan Satgas Yonif 755/Yalet Kostrad membantu anak-anak menyeberangi Sungai Mamberamo dengan menggunakan perahu.

Hal tersebut disampaikan Danyonif 755/Yalet Kostrad Mayor Inf Agus Rediyanto dalam rilis tertulisnya di Merauke, Selasa (7/5).

Diungkapkan oleh Agus, anggota Pos Dabra Yonif 755/Yalet bekerjasama dengan Babinsa dan pemerintah setempat membantu mengantarkan anak-anak berangkat ke sekolah dengan menggunakan perahu yang dikatakan masyarakat sebagai 'Perahu Sekolah'.

Untuk berangkat ke sekolah, anak-anak ini harus melalui sungai yang saat ini kondisinya sering banjir, akibat hujan turun setiap hari.

"Jika Banjir, Sungai Mamberamo yang memiliki kelebaran antara 700 sampai 1.000 m. Airnya sering meluap dan arusnya pun cukup deras," ujar Agus.

"Jadi, tidak sedikit anak-anak Kampung Dabra yang tidak berangkat ke sekolah karena kondisinya dapat membahayakan mereka. Kampung ini berada di pinggiran Sungai Mamberamo," imbuhnya.

Melihat kondisi tersebut, anggotanya yang bertugas di wilayah tersebut senantiasa siaga dan siap membantu anak-anak menyeberangi sungai yang memiliki kedalaman sekitar 8 meter itu.

"Banjir seperti ini sudah tahunan, kalau hujan maka dapat diperkirakan akan terjadi banjir, sehingga anggota kita yang disana selalu siap setiap saat membantu warga khususnya anak-anak menyeberangi sungai, agar dapat bersekolah menuntut ilmu dengan baik," kata Agus.

"Apapun kondisinya, anak anak harus tetap berangkat ke sekolah dan belajar dengan baik, apalagi saat ini mereka harus fokus mengikuti ujian nasional dengan baik, sehingga ke depannya dapat melanjutkan sekolah yang lebih tinggi dan mewujudkan cita-cita mereka," kata perwira menengah TNI ini.

Baca juga:
Kisah Keakraban Panglima TNI Dan Kapolri, Sampai Bikin Kejutan di Pesawat
Kisah Keakraban Panglima TNI Dengan Kapolri, Sampai Bikin Kejutan di Pesawat
Mutasi 35 Jenderal TNI, Kadispen AU Jadi Wadanjen Akademi TNI
Panglima TNI Tegaskan Netralitas TNI Masih Terjaga di Pemilu 2019
Kejutan-Kejutan Panglima TNI Saat Sidak yang Bikin Prajurit Senang
TNI AD Bantah Babinsa Punya Data Kemenangan Capres

(mdk/ian)