Kivlan Zen Sebut Kasusnya Direkayasa, Minta Wiranto dan Tito Dihadirkan ke Sidang

Kivlan Zen Sebut Kasusnya Direkayasa, Minta Wiranto dan Tito Dihadirkan ke Sidang
PERISTIWA | 14 Januari 2020 14:04 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Persidangan terdakwa Kivlan Zen kembali digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Kivlan duduk di kursi pesakitan atas kasus kepemilikan senjata api ilegal.

Kivlan memutuskan membaca sendiri nota keberatan atau eksepsinya. Kivlan membela diri, menegaskan ada rekayasa kasus kepada dirinya dilakukan oleh kelompok tertentu.

"Dari pernyataan awal, saya dituduh dalang 21-22 Mei dan pembunuhan penembakan 9 orang tapi dakwaan saya dituduh kepemilikan senjata dan terlibat mengadakan persenjataan dengan menyuruh Iwan, ini sudah diubah perubahan ini artinya ada tanggung jawab Tito Karnavian, Wiranto yang menuduh saya dalang," kata Kivlan di PN Jakarta Pusat, Selasa (14/1).

Kivlan menilai yang terjadi saat demonstrasi 21-22 Mei 2019 dan adanya korban jiwa diduga dibunuh oleh oknum bukanlah suruhannya. Namun, pernyataan Wiranto saat itu sebagai Menko Polhukam dan Tito Karnavian saat itu menjabat Kapolri memviralkan hal itu dan mengumumkan bahwa dirinya adalah dalang.

1 dari 1 halaman

Karenanya, Kivlan mengaku heran mengapa dalam persidangannya hal tersebut tidak ada dan berubah menjadi kepemilikan senjata ilegal dan penyokong pendanaannya.

"Saya dituntut bukan dalang, malah dibilang memiliki dan menyuruh beli senjata tapi nyatanya saksi menyatakan saya tidak ada suruh beli senjata dan saya berikan uang bukan buat beli senjata tapi untuk demo 12 Maret (Supersemar)," jelas Kivlan.

Karenanya, Kivlan meminta seluruh pihak yang menudingnya bisa turut dihadirkan oleh majelis hakim agar dapat membuktikan klaim tuduhan terhadap dirinya adalah tidak benar.

"Semua rekayasa, saya minta Wiranto dan Tito dihadirkan, saya menuntut keadilan! Ini rekayasa, saya minta mereka hadir," tegas Kivlan.

Reporter: M Radityo

Sumber: Liputan6.com (mdk/lia)

Baca juga:
Kivlan Dukung Prabowo Jadi Menhan: Untuk Keselamatan Bangsa dan Negara
Kivlan Zen Sakit, Sidang Pembacaan Eksepsi Ditunda
Kivlan Zen Sebut Habil Marati Tak Terkait Pembelian Senjata, Minta Hakim Bebaskan
Berkursi Roda, Kivlan Zen Jadi Saksi di Sidang Kepemilikan Senjata Ilegal
Duduk di Kursi Roda Sambil Terbatuk-batuk, Kivlan Zen Jadi Saksi untuk Habil Marati
Kivlan Zen Penuhi Panggilan Jadi Saksi Kasus Habil Marati

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami