Klarifikasi RS Harapan Kita soal Kabar Haji Lulung Dibuat Koma

Klarifikasi RS Harapan Kita soal Kabar Haji Lulung Dibuat Koma
Haji Lulung kena serangan jantung. ©2021 Merdeka.com/Delvira H
NEWS | 4 Desember 2021 11:43 Reporter : Wilfridus Setu Embu

Merdeka.com - Kepala Bidang Pelayanan Medik RS Harapan Kita, Isman Firdaus menjelaskan soal kabar bahwa Abraham Lunggana alias Haji Lulung 'dibuat koma' menyusul serangan jantung berulang yang dia alami. Yang dilakukan RS yakni memberikan obat-obatan agar bisa beristirahat.

"Bukan dibuat koma, tapi diberikan obat-obat untuk ditidurkan, obat penenang. Bukan obat koma tapi penenang supaya lebih nyaman beliaunya," ujar dia, saat dihubungi Jumat (3/12) malam.

Haji Lulung saat ini, masih pemantauan tim dokter. Lantaran kondisinya yang belum stabil. Kondisi kesadarannya memang menurun.

"Hasil serangan jantung berulang, sedang ada, masih belum stabil, masih dalam kondisi tidak stabil dan pemantauan tim kita," ungkapnya.

Ketika datang ke RS, keluhan yang disampaikan memang berupa rasa tidak nyaman dan sesak di dada. "Karena ya serangan jantung, dan kemudian tetap kita rawat dan mengalami perburukan. Itu saja," terang dia.

Ketika ditanyakan apakah Haji Lulung sudah siuman, dia menyampaikan bahwa saat ini yang bersangkutan masih berada dalam pengaruh obat-obatan.

"Yang jelas masih dalam pengaruh obat-obatan yang kita berikan, untuk supaya lebih tenang," katanya.

Sebelumnya, kabar Haji Lulung alias Abraham Lunggana dirawat di ICVCU (Intensive Cardiovascular Care Unit) dan sedang tidak sadarkan diri disampaikan Ketum PAN Zulkifli Hasan lewat akun instagram miliknya @zul.hasan.

"Hari ini saya menjenguk sahabat dan saudara kita semua, Haji Lulung. Beberapa hari lalu beliau dikabarkan mendapat serangan jantung berulang dan dirawat di ICVCU (Intensive Cardiovascular Care Unit) RS Harapan kita dan tak sadarkan diri," tulis Zulhas, Kamis (3/12).

Zulhas menyebut kini keadaan Lulung mulai sadar. Meski Lulung telah keluar dari PAN, Zulhas memastikan silahturahmi dengan Lulung tetap baik. (mdk/rhm)

Baca juga:
Kondisi Terbaru Haji Lulung yang Terkena Serangan Jantung
Haji Lulung Kena Serangan Jantung, Kini Dirawat di RS Harapan Kita
Bamus Betawi Haji Lulung Dapat Jatah Dana Hibah Rp3 Miliar
Bamus Betawi Usul Turki Usmani Gantikan Ataturk Jadi Nama Jalan di Jakarta
Lulung: Ada Kelompok Lakukan Propaganda, Ajak Pancasila Tapi Benturkan dengan Agama
Lulung Ditanya Kembali ke PPP untuk Pilkada DKI: Itu Sih Gimana Masyarakat

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami