Klaster Koperasi di Sleman 'Sumbang' 23 Pasien Positif Virus Corona

Klaster Koperasi di Sleman 'Sumbang' 23 Pasien Positif Virus Corona
PERISTIWA | 2 Agustus 2020 01:00 Reporter : Purnomo Edi

Merdeka.com - Sebuah koperasi simpan pinjam di kawasan Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman menjadi klaster baru penularan virus Corona. Total sudah ada 23 orang yang dinyatakan positif virus Corona dari klaster koperasi ini.

Kepala Dinkes Kabupaten Sleman, Joko Hastaryo menerangkan dari hasil swab diumumkan pada Sabtu (1/8) ada tambahan 40 pasien positif virus Corona di wilayahnya. Dari 40 pasien ini 17 orang diketahui berasal dari klaster koperasi di Kecamatan Ngaglik ini.

Joko menerangkan 17 pasien positif yang diumumkan hari ini berasal dari hasil tracing terhadap dua karyawan koperasi yang sudah lebih dulu dinyatakan positif virus Corona.

Joko memaparkan dari 17 pasien ini, 14 diketahui adalah karyawan di koperasi. Sementara tiga sisanya adalah keluarga dari karyawan di koperasi tersebut.

"Koperasi tersebut berkantor di wilayah Kecamatan Ngaglik. Itu hasil tracing puskesmas terhadap kasus positif 2 karyawan koperasi tersebut. Yang keluarga ada 3, sisanya karyawan. Tapi di antara karyawan tersebut juga ada yang tinggal di luar kota yaitu Kabupaten Pati. Jadi tidak semua tinggal di Sleman,"kata Joko, Sabtu (1/8).

Joko memaparkan bahwa dua karyawan koperasi yang dinyatakan positif virus Corona telah menulari 21 orang. 17 orang dinyatakan positif pada Sabtu (1/8). Sementara empat orang lainnya beberapa waktu yang lalu sudah dinyatakan positif tertular virus Corona.

"Dua kasus awal adalah karyawan koperasi yang swab mandiri karena dari perjalanan luar kota. Terus tracing dilakukan terhadap karyawan lain dan keluarga. Untuk koperasi ini bisa disebut klaster karena sudah sampai generasi ke-3," ungkap Joko. (mdk/ded)

Baca juga:
2 Balita di Jambi Positif Corona, Pernah Kontak dengan Pasien Klaster PetroChina
Sekda dan 4 Pejabat Positif Corona, Perkantoran Pemkot Banjarbaru Ditutup
Pedagang di Balikpapan Tolak Penutupan Pasar meski Ada yang Positif Corona
92 Persen Pasien Corona di Bantul Merupakan Orang Tanpa Gejala
Bertambah 4, Total Kasus Corona di Mimika Mencapai 542

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami