Klaster Pesantren di Indramayu, 104 Orang Positif Covid-19

Klaster Pesantren di Indramayu, 104 Orang Positif Covid-19
Warga Gotong Royong Lawan Klaster Pesantren. ©2021 Liputan6.com
PERISTIWA | 5 Maret 2021 20:27 Reporter : Yan Muhardiansyah

Merdeka.com - Sebanyak 104 orang dari dua pondok pesantren (ponpes) di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, terkonfirmasi positif Covid-19. Santri, pengasuh, dan pengurus yang terpapar masih menjalani isolasi untuk mencegah penyebaran virus corona.

"Ada 104 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19, terdiri atas santri, pengasuh dan pengurus yang berada di dua pesantren," kata Juru Bicara Penanganan Covid-19 Kabupaten Indramayu, Deden Bonni Koswara, kepada Antara di Indramayu, Jumat (5/3).

Di antara 104 orang terkonfirmasi positif, sebanyak 32 orang dari Ponpes Al-urwatul Wutsqo. Sementara itu, 72 lainnya ditemukan di Pesantren Tahfidz Abdurrahman Basuri.

"Awalnya kita mendapatkan ada santri yang sakit dan setelah dites ternyata positif. Kemudian kami lakukan pelacakan kepada kontak erat, dan hasilnya 72 positif, begitu juga di Ponpes Wutsqo," katanya.

Para santri, pengurus dan pengasuh yang terkonfirmasi positif, kata dia, sedang menjalani isolasi mandiri terpusat di kawasan pesantren. Namun ada juga yang dirawat di rumah sakit.

Kedua pondok pesantren itu juga melakukan karantina. Mereka membatasi warga yang masuk ke lingkungan pesantren untuk meminimalkan penyebaran Covid-19.

Sejauh ini sudah ada tiga klaster pesantren di Indramayu. "Sampai saat ini sudah ada tiga klaster ponpes, di mana satu sudah selesai," jelas Deden. (mdk/yan)

Baca juga:
Kemenperin Harap Pengusaha Otomotif Bantu Promosi Pembebasan Pajak Beli Mobil Baru
RS di Barcelona Ajak Pasien Covid-19 Jalan-Jalan ke Pantai
Pasien Covid-19 Dirawat di RSD Wisma Atlet Bertambah 8 Menjadi 4.472
Mutasi Virus Corona B117 Lebih Cepat Menyebar, Polda Jatim Imbau Warga Lakukan Ini
Bertambah 20, Total 1.124 WNA Positif Covid-19 di Indonesia
Mimpi Buruk bagi Dunia, Virus Corona Brasil Lebih Menular dan Pasien Sembuh Kena Lagi

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami