KM Santika Nusantara Tujuan Balikpapan Terbakar di Laut Madura, Penumpang Dievakuasi

PERISTIWA | 23 Agustus 2019 09:15 Reporter : Erwin Yohanes

Merdeka.com - Kecelakaan laut melibatkan Kapal Motor (KM) Santika Nusantara, rute Surabaya - Balikpapan, terjadi di perairan Masalembu, Sumenep, Madura, pada Kamis (22/8) pukul 20.45 WIB. Kapal yang dikabarkan berpenumpang 111 orang itu terbakar di tengah lautan.

Humas Basarnas Surabaya Tholeb Valatehan membenarkan adanya kejadian tersebut. Saat ini, proses evakuasi masih berlangsung.

"KM Santika Nusantara diperkirakan terbakar di perairan Masalembu. Kejadian terbakar, Kamis malam, sekitar jam 20.45 WIB," katanya, Jumat (23/8).

Berdasarkan manifest, KM Santika Nusantara berpenumpang 111 orang. Terdiri dari penumpang dewasa 100 orang, anak-anak 6 orang, dan bayi 5 orang. Selain itu ada 83 kendaraan yang diangkut.

"Data POB ada penumpang dewasa 100 orang, penumpang anak 6 orang, penumpang bayi 5 orang. Total dari jumlah manifest 111 orang," ujar Tholeb.

Proses evakuasi sendiri, saat inj sudah ada 53 penumpang yang diselamatkan menggunakan lift raft (perahu penyelamat dalam kapal) dan saat ini telah dipindahkan ke kapal penolong menuju Dermaga Tanjung Perak Surabaya.

"Sebanyak 53 penumpang di lift raft sudah dievakuasi dan dipindahkan ke kapal penolong. Saat ini dalam perjalanan menuju Surabaya. Sementara sisanya, masih menunggu kapal-kapal yang melintas," katanya.

"58 orang sisanya masih di atas kapal untuk menunggu evakuasi," tambahnya.

Untuk mempercepat proses evakuasi, Basarnas juga mengerahkan KN SAR Laksamana milik Kantor SAR Banjarmasin, dan KN Cundamani milik KSOP Surabaya.

Ia menambahkan, saat proses evakuasi mendapatkan sedikit kendala, utamanya dari cuaca. Di lokasi, angin dan gelombang sedang cukup tinggi.

Dikonfirmasi mengenai penyebab kebakaran, hingga kini ia mengaku masih belum mengetahui secara pasti.

"Belum diketahui secara pasti (penyebab). Saat ini yang kita utamakan adalah proses evakuasi 58 orang POB KM Santika Nusantara secara bergantian oleh tiga sekoci KM Dharma Fery 7," tambahnya.

Baca juga:
Nahkoda KM Izhar Terbakar Tewaskan Penumpang Terancam Pidana 10 Tahun Bui
AKP Tombong Tewas Usai Kapal Patroli Meledak, Pangkat Dinaikkan Kompol Anumerta
Kapal Patroli Direktorat Polair Polda Sulsel Tiba-Tiba Meledak
Ini Kapal Tanker yang Diserang Torpedo di Teluk Oman
Kapal Tanker Minyak di Teluk Oman Diduga Ditembak Torpedo
Speedboat Terbakar Pelabuhan Sandar di Riau, 6 ABK Luka-luka Dilarikan ke RS

(mdk/ded)