Komarudin Hidayat: Jangan Ada Lagi Label NKRI Bersyariah

PERISTIWA | 20 Agustus 2019 12:08 Reporter : Didi Syafirdi

Merdeka.com - Cendekiawan Muslim Komarudin Hidayat mengkritisi munculnya rekomendasi Ijtima Ulama IV soal NKRI bersyariah. Dia meminta agar wacana seperti itu tidak dimunculkan.

"Jadi kita harus kembali ke substansi. Jangan ada lagi label-label itu (bersyariah) deh. Label itu hanya emosi saja. Itu (wacana NKRI bersyariah) pepesan kosong saja," kata Komarudin dalam keterangannya, Selasa (20/8).

Komarudin mengatakan tanpa label bersyariah pun sejatinya bangsa Indonesia telah melaksanakan hal tersebut. Dia mencontohkan, agama senang dengan kebersihan sehingga ada menteri kesehatan yang mana menunjukkan kesehatan itu berawal dari kebersihan.

"Substansi agama itu sebenarnya di negeri ini sudah dilaksanakan, misalnya agama mengajarkan anti-korupsi yang mana saat ini ada KPK. Lalu agama anti-kebodohan ada pendidikan. Jadi sebenarnya tanpa label itu pun sudah dilaksanakan," tuturnya.

Menurutnya, agama itu sebenarnya bagian dari perilaku budaya dan politik. Dengan demikian masyarakat harus menyadari bahwa agama merupakan suatu komunitas dan menjadi suatu yang realitas di Indonesia.

"Karena agama itu pada akhirnya adalah apa yang ditafsirkan, dihayati dan dilaksanakan oleh manusia atau umatnya," ujar Rektor Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) ini.

(mdk/did)