Kominfo Bentuk Desk Karhutla untuk Edukasi Warga Soal Pencegahan Kebakaran Hutan

Kominfo Bentuk Desk Karhutla untuk Edukasi Warga Soal Pencegahan Kebakaran Hutan
Kebakaran Hutan Riau. ©AFP PHOTO
PERISTIWA | 7 Agustus 2020 17:30 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah

Merdeka.com - Kementerian Komumikasi dan Informatika (Kominfo) berkomitmen untuk mengedukasi masyarakat terkait masalah dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di berbagai wilayah di Indonesia. Untuk itu, Kominfo membentuk "Desk Karhutla" yang bekerjasama dengan berbagai instansi dan lembaga terkait.

Tujuan utama dari Desk Karhutla untuk memberikan literasi, edukasi, dan pengambilan langkah preventif dalam penanggulangan kebakaran hutan melalui komunikasi publik.

"Kami membuat apa yang disebut Desk Karhutla yang intinya kami mengkonsolidasi antar institusi, antar lembaga melalui posko pemantauan yang dikonsolidasikan di humas masing-masing," kata Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kemkominfo Widodo Muktiyo dilansir Antara, Jumat (7/8).

Menurut Widodo, hal ini juga sejalan dengan Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2020 tentang Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan, yang berisikan empat tahapan untuk penanganan masalah tersebut.

Lebih lanjut, keempat tahapan tersebut adalah pencegahan, penanganan ketika kebakaran terjadi, penanganan setelah kebakaran dan penegakan hukum termasuk denda jika ada yang melanggar aturan.

"Kenapa ini penting, karena arahan Pak Presiden, kami harus melakukan pencegahan. Oleh karena itu sejak bulan lalu kita sudah berkolaborasi dengan masyarakat supaya mereka juga tahu situasinya," ujar Widodo Muktiyo.

Baca Selanjutnya: Apalagi saat ini menurut dia...

Halaman

(mdk/ray)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami