Komisi IX Minta Pemerintah Memperkuat 3T

Komisi IX Minta Pemerintah Memperkuat 3T
Gedung DPR. ©2020 Merdeka.com
PERISTIWA | 28 September 2020 14:10 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Wakil Ketua Komisi IX DPR Emanuel Melkiades Laka Lena, meminta pemerintah memperkuat 3T, tracing, testing, dan treatment. Menurut dia, ketiga hal itu dapat membantu menekan angka kematian pasien akibat Covid-19.

"3T yang tepat bagi pasien, baik kategori OTG (orang tanpa gejala), ringan, sedang, berat, dan kritis, dan hal itu juga dapat menekan angka kematian pasien," tulis dia dalam keterangan pers diterima, Senin (28/9).

Soal treatment, lanjut dia, semakin baik yang terjadi di lapangan maka bisa berdampak juga pada persentase tingkat kematian. Dia mencontohkan, treatment dilakukan bisa dengan penggunaan obat sesuai kondisi pasien, tentunya juga fasilitas kesehatan dan tenaga medis yang baik.

"Perlu juga penguatan psikologis pasien baik dari tenaga kesehatan, keluarga, dan lingkungan dekat," imbuh dia.

Melki menambahkan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah berkoordinasi dengan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), soal ketersediaan fasilitas kesehatan agar penanganan pasien Corona bisa lebih baik dengan menambah tempat tidur, ruang isolasi, dan tenaga medis.

"Terus menambah tempat tidur ICU dan isolasi dan tenaga kesehatan ini diharap pertambahan pasien mampu ditangani dengan baik," Melki menandasi.

Reporter: M. Radityo
Sumber: Liputan6.com (mdk/eko)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami