Komisi Kejaksaan Tunggu Hasil Pemeriksaan Jaksa Pinangki Oleh Jamwas

Komisi Kejaksaan Tunggu Hasil Pemeriksaan Jaksa Pinangki Oleh Jamwas
Anita Kolopaking-Jaksa Pinangki. ©2020 Istimewa
PERISTIWA | 7 Agustus 2020 07:23 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Jaksa Pinangki Sirna Malasari kembali tidak hadir dalam panggilan Komisi Kejaksaan pada Rabu 5 Agustus 2020. Hal itu menjadi yang kedua kalinya dia mangkir pemeriksaan.

Ketua Komisi Kejaksaan, Barita Simanjuntak menyampaikan, Jaksa Pinangki tidak hadir lantaran masih dalam proses pemeriksaan Jaksa Agung Muda Pengawasan (Jamwas) Kejaksaan Agung (Kejagung). Atasannya pun bersurat berdasarkan alasan tersebut.

"Ya benar (mangkir), alasannya karena sudah diperiksa Jamwas. Karena itu kami minta Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) agar bisa kami analisis apakah sudah memenuhi semua aspek yang dilaporkan ke kami," katanya saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (7/8).

Dia menyebut, hasil laporan tersebut harus menyeluruh. Khususnya terkait pertemuan Jaksa Pinangki dengan Djoko Tjandra di luar negeri.

"Kami masih menunggu LHP tersebut," jelasnya.

Meski begitu, lanjut Barita, Komisi Kejaksaan akan tetap menyiapkan kembali panggilan pemeriksaan untuk Jaksa Pinangki. Namun rencananya baru akan dilayangkan usai pihaknya menerima LHP Jamwas Kejagung dan memeriksa isinya.

"Keterangan dari yang bersangkutan untuk perimbangan dan objektivitas, klarifikasi agar yang bersangkutan juga bisa menjelaskan sisi-sisi dari yang bersangkutan. Selain itu Laporan Hasil Pemeriksaan juga menjadi pertimbangan kami untuk melihat apakah sudah komprehensif memeriksa semua substansi yang ditanyakan pelapor dan untuk transparansi dan akuntabilitas publik," tutupnya.

Reporter: Nanda Perdana Putra
Sumber: Liputan6.com (mdk/fik)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami