Komisi X DPR Kaget Menpora Jadi Tersangka Suap Dana Hibah KONI

PERISTIWA | 18 September 2019 18:28 Reporter : Ahda Bayhaqi

Merdeka.com - Wakil Ketua Komisi X DPR yang membidangi Pendidikan, Olahraga dan Sejarah, Abdul Fikri Faqih mengaku kaget KPK menetapkan Menpora Imam Nahrawi sebagai tersangka suap dana hibah KONI. Fikri menuturkan, Imam meyakinkan dewan semuanya akuntabel dalam rapat kerja Senin, 16 September 2019.

"Kaget. Karena Raker dengan Komisi X dengan Kemenpora Senin (16/9) kemarin, meyakinkan bahwa semua akuntabel," kata Abdul kepada wartawan, Rabu (18/9).

Politikus PKS ini mengatakan, dalam pembahasan perencanaan anggaran bersama Komisi X tidak secara detail. Komisi X, kata dia, selalu mengingatkan semua prosedur harus bisa dipertanggungjawabkan.

"Komisi X selalu mengingatkan agar semua prosedur harus bisa dipertanggungjawabkan. Komisi X mengingatkan hal dalam rangka menjalankan fungsi pengawasan," tuturnya.

Terkait pencairan dana hibah KONI 2018 yang menjadi masalah, Komisi X, hanya dilaporkan terkait persentase serapan anggaran. Tidak secara detail.

"Untuk pelaksanaan kita hanya dilapori prosentase serapan anggaran. Tidak detail," ucapnya.

Diberitakan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi sebagai tersangka kasus suap dana hibah KONI. Imam diduga menerima hadiah atau janji kasus suap dana hibah tahun anggaran 2018, dengan nilai Rp14,7 miliar.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan, KPK mendapatkan bukti permulaan yang cukup dugaan keterlibatan Imam Nahrawi dalam kasus ini. KPK menduga uang suap itu digunakan untuk kepentingan pribadi Imam.

"Dalam penyidikan tersebut ditetapkan 2 orang tersangka yaitu IMR (Imam Nahrawi) dan asisten pribadi MIU," ujar Alexander dalam konferensi pers di KPK, Jakarta Selatan, Rabu (18/9).

Baca juga:
Nasib Imam Nahrawi: Jadi Tersangka KPK, Dicap Pemberontak di PKB
Selain Suap, Menpora Imam Nahrawi Juga Dijerat Pasal Gratifikasi
Ini Profil & Jejak Karier Imam Nahrawi, Menteri Jokowi yang Jadi Tersangka KPK
Fakta-Fakta Menpora Imam Nahrawi Jadi Tersangka Suap Rp26,5 Miliar
Sederet Jawaban Imam Nahrawi Sebelum Jadi Tersangka Suap KONI
Sebelum Jadi Tersangka, Menpora Imam Nahrawi 3 Kali Mangkir Pemeriksaan KPK
Imam Nahrawi Jadi Tersangka, Kemenpora Gelar Rapat Mendadak

(mdk/rnd)