Komisi Yudisial sudah Evaluasi Hasil Vonis Bebas Sofyan Basir

PERISTIWA | 6 November 2019 11:55 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Komisi Yudisial mengatakan sudah mengevaluasi terkait hasil vonis Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta yang membebaskan mantan Dirut PLN Sofyan Basir dalam kasus suap proyek PLTU Riau-1. Namun hasil evaluasi tersebut tidak dapat dipublikasikan.

"Sudah pasti. Kan tidak perlu dipublikasikan. Tapi kalau mau bertanya ini hasil publikasinya. Tentunya beberapa hari ke depan," kata Ketua KY Jaja Ahmad Jayus di Kantor Wapres, Jalan Merdeka Utara, Rabu (6/11).

Jaja menjelaskan jika masyarakat melaporkan adanya kejanggalan dari hasil tersebut, pihaknya pun akan otomatis mengevaluasi kembali. Namun pihaknya menghormati hasil putusan tersebut.

"Kalau ada laporan ini kalau seandainya kita mencium ada sesuatu secara otomatis jalan," kata Jaja.

Diketahui mantan Direktur Utama PT PLN (Persero) Sofyan Basir divonis bebas oleh majelis hakim Pengadilan Tipikor Jakarta dalam kasus suap proyek pengadaan PLTU Riau-1.

"Menyatakan terdakwa Sofyan Basir tidak terbukti secara bersalah sebagaimana yang didakwakan jaksa penuntut umum dalam dakwaan pertama dan kedua," kata Hakim Hariono membacakan putusan sidang, Senin (4/11).

Kemudian, hakim juga memerintahkan agar Sofyan Basir segera dibebaskan dari tahanan.

"Kedua, membebaskan terdakwa dari segala dakwaan dan ketiga memerintahkan terdakwa agar dibebaskan dari tahanan," sambung Hariono. (mdk/ded)

Baca juga:
Siap Tempuh Kasasi, KPK Kumpulkan Bukti Baru Hadapi Vonis Bebas Sofyan Basir
Istana Hormati Keputusan Hakim Tipikor Vonis Bebas Sofyan Basir
Sofyan Basir Bebas, Ma'ruf Amin Minta Hormati Keputusan Pengadilan
Sofyan Basir Divonis Bebas, Maruf Amin Minta Hormati Keputusan Pengadilan
VIDEO: Wapres Ma'ruf Amin Minta Masyarakat Hormati Vonis Bebas Sofyan Basir
Sofyan Basir Bebas, Bakal Kembali Pimpin PLN?

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.