Komjen Firli Mutasi, Kapolda Sumut Agus Andrianto Promosi Jadi Kabaharkam

PERISTIWA | 6 Desember 2019 13:11 Reporter : Nur Habibie

Merdeka.com - Polri melakukan sejumlah mutasi di tingkat perwira tinggi hingga perwira menengah. Salah satu yang dimutasi adalah Kabaharkam Komjen Firli Bahuri. Firli digeser menjadi Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri. Firli merupakan ketua KPK terpilih yang rencananya akan dilantik bulan Desember ini.

Kemudian, Kapolda Sumatera Utara Irjen Agus Andrianto promosi menjadi Kabaharkam Polri. Agus nantinya bakal naik pangkat menjadi Komjen. Agus merupakan lulusan akademi polisi 1989.

Mutasi itu berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor ST/2329/XII/KEP/2019.

"Mutasi ini adalah hal yang alami dalam organisasi Polri sebagai tour of duty dan tour of area, penyegaran, promosi dan dalam rangka performa kinerja organisasi menuju SDM unggul dan promoter," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono, Jumat (6/12).

1 dari 1 halaman

Firli Promosi

Sebelumnya, posisi perwira tinggi (Pati) Polri bergeser. Salah satu yang mendapat promosi adalah Kapolda Sumatera Selatan Irjen Firli Bahuri yang ditunjuk menjadi Kabaharkam.

Keputusan ini tertuang dalam ST/3020/XI/KEP/2019 tertanggal 8 November 2019. Dengan begitu bintang di pundak Firli bertambah menjadi tiga (komisaris jenderal). Firli menggantikan Komjen Condro Kirono yang kini ditunjuk menjadi analis kebijakan utama Baharkam.

Firli merupakan Pati Polri yang telah terpilih menjadi Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia akan mulai bekerja di lembaga anti-korupsi pada Desember nanti.

Untuk posisi Firli selanjutnya akan diisi Irjen Priyo Widyanto yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Kalimantan Timur. Sedangkan Koorsahli Kapolri Irjen Muktiono diplot di Kaltim.

Selain Firli, Kapolda Kepulauan Bangka Belitung Brigjen Istiono juga mendapat promosi menggantikan Kakorlantas Irjen Refdi Andri yang ditunjuk menjadi jadi Koorsahli. (mdk/eko)

Baca juga:
Irjen Listyo Sigit Prabowo, Mantan Ajudan Jokowi Naik Jabatan Jadi Kabareskrim
Polri Pastikan Ada Mutasi Jabatan usai Komjen Firli Bahuri Resmi Jabat Ketua KPK
Di Sumatera Barat, Kapolda dan Wakapolda Sama-sama Jenderal Bintang Dua
Polri Gelar Kenaikan Pangkat 37 Perwira, Firli Jadi Komjen
Kabid Humas Polda Metro Jaya Resmi Dijabat Kombes Yusri Yunus

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.