Komnas HAM Dalami Unsur Penghalang Keadilan di TKP Pembunuhan Brigadir J

Komnas HAM Dalami Unsur Penghalang Keadilan di TKP Pembunuhan Brigadir J
Brimob jaga rumah Ferdy Sambo. ©Liputan6.com/Herman Zakharia
NEWS | 15 Agustus 2022 12:56 Reporter : Rahmat Baihaqi

Merdeka.com - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) akan melakukan pengujian di rumah dinas Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan. Pengujian dilakukan karen adanya unsur Obstruction of Justice (penghalang Keadilan) di tempat kejadian perkara (TKP).

"Salah satu isu yang penting obstruction of justice. Apakah di tempat itu terlihat obstruction of justice, untuk menguji jadi setelah kami mendapatkan dari dokkes siber," kata Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam di kantornya, Senin (15/8).

Nantinya Komnas HAM akan bekerja sama dengan INAFIS dan Dokkes untuk menguji temuan versi Komnas HAM. Seperti diketahui, Sambo yang telah membuat skenario pembunuhan Brigadir J menyebabkan banyak sekali perubahan dari temuan awal Komnas HAM.

2 dari 2 halaman

"Ada be berpa temuan yg indikasinya kuat soal obstruction of justice. Kami kepengen lihat apakah salah satunya poin penting apakah terjadi obstruction of justice di TKP," tutur Anam.

"Begitu dari tim inafis semua perangkat yang bisa menjelaskan kepada kami apa yang terjadi di tkp, itu yang kami komunikasikan dengan timsus," tambahnya.

Untuk mengingat kembali , Komnas HAM diagendakan akan melakukan peninjauan Tempat Kejadian Perkara (TKP) penyebab kematiannya Brigadir Yosua di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo Kompleks Polri, Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan hari ini.

Dalam keterangan pers Komnas HAM dengan Nomor 025/HM.0.0/VIII/2022, disebutkan akan menyambangi rumah dinas Sambo pukul 15.00 WIB pada Senin (15/8) yang sebelumnya direncanakan pukul 10.30. (mdk/fik)

Baca juga:
Polri Segera Periksa Istri Irjen Ferdy Sambo
Kuasa Dicabut, Mantan Pengacara Bharada E Gugat Kapolri dan Kabareskrim
Hari Ini, Komnas HAM Tinjau Lokasi Pembunuhan Brigadir J
Curhat Ibu Brigadir J ke Pendeta, Istri Ferdy Sambo Pernah Bilang Anggap Yoshua Anak
Kasus Pembunuhan Brigadir J: 'Maraton' Bawa Ferdy Sambo Menuju Meja Hijau
Polisi Setop Dugaan Pelecehan Istri Ferdy Sambo, Pelapor Dinilai Bisa Dijerat Pidana
Kompolnas Sebut Kapolri Minta Berkas Kasus Brigadir J Segera Dikirim ke Jaksa

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini