Komnas HAM Minta Putri Candrawathi Jujur

Komnas HAM Minta Putri Candrawathi Jujur
Potret Istri Ferdy Sambo. ©2022 Merdeka.com
NEWS | 19 Agustus 2022 18:04 Reporter : Alma Fikhasari

Merdeka.com - Komisi Nasional Hak Asasi Manusi (Komnas HAM) meminta kepada semua pihak yang terlibat untuk terbuka dan jujur dalam penanganan kasus penembakan Brigadir J. Termasuk istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi yang sudah ditetapkan sebagai tersangka.

"Kami sangat menghormati proses hukum yang berjalan, namun kami ingin juga mengingatkan pada semua pihak termasuk Bu Putri untuk terbuka dan jujur dalam proses hukum ini agar proses hukum ini tidak berkepanjangan," kata Komisioner Komnas HAM Sandrayati Moniaga, saat konferensi pers melalui daring, Jumat (19/8).

Lebih lanjut, Sandrayati menjelaskan, keterbukaan dan jujur sangat penting agar kasus penembakan ini dapat segera terungkap. Namun, dia mengingatkan untuk tetap menghormati hak-hak baik korban maupun tersangka.

"Saya kira kita semua tahu beberapa kali proses ini berputar-putar karena ada banyak informasi yang berubah-ubah," ungkapnya.

"Kiranya ke depan semua informasi lebih terang benderang dan semua pihak bisa lebih menghormati hak-hak dari semua orang, terutama hak baik korban maupun tersangka," sambung Sandrayati.

2 dari 2 halaman

Sebelumnya, Istri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi ditetapkan sebagai tersangka oleh Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Dia dijerat pasal pasal 340 subsidair pasal 338 junto pasal 55-56 Kitab Hukum Undang-Undang Pidana (KUHP).

"Pasal 340 sub 338 juncto pasal 55 pasal 56 KUHP," kata Dirtipidum Brigjen Andi Rian Djajadi di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Jumat (19/2).

Dalam pasal 340 berbunyi barang siapa dengan sengaja dan dengan rencana terlebih dahulu merampas nyawa orang lain, diancam karena pembunuhan dengan rencana, dengan pidana mati atau pidana penjara seumur hidup atau selama waktu tertentu, paling lama dua puluh tahun.

Putri sebagai tersangka kasus tewasnya Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J. Penyidik menganggap Putri terlibat dalam terkait tewasnya Brigadir J.

"Penyidik menetapkan PC sebagai tersangka," kata Irwasum Polri Komjen Agung Budi Maryoto. (mdk/ded)

Baca juga:
Komnas HAM Beberkan Hak-Hak Putri Candrawathi Meski jadi Tersangka Kasus Brigadir J
Putri Candrawathi Tersangka, DPR: Kapolri Penuhi Janji Terbuka atas Kasus Brigadir J
Polisi Beberkan Bukti dan Peran Putri Candrawathi Tersangka Kematian Brigadir J
Dua Laporan yang Diterbitkan Polres Jaksel Terkait Kematian Brigadir J Diaudit
Polisi Ungkap Istri Ferdy Sambo Kerap Tak Hadiri Pemeriksaan, Ini Alasannya

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini