Komnas HAM Temui Jokowi Bahas Temuan Terkait Penembakan di Intan Jaya

Komnas HAM Temui Jokowi Bahas Temuan Terkait Penembakan di Intan Jaya
Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik. ©2019 Liputan6.com/Putu Merta Surya Putra
PERISTIWA | 16 November 2020 13:28 Reporter : Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Komisioner Komisi Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Senin (16/11). Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik mengungkapkan, salah satu yang dibahas mengenai kasus penembakan di Intan Jaya, Papua.

"Kita bicarakan soal kasus penembakan pendeta Yeremia hasil temuan Komnas HAM seperti apa dan lebih jauh soal Papua ini kami mendiskusikan kepada Bapak Presiden mengenai solusi dialog damai yang kita usulkan dapat dukungan dari Presiden, Komnas HAM akan melakukan suatu langkah-langkah sendiri untuk melakukan proses dialog damai," katanya, Senin (16/11).

Taufan berharap, Presiden Jokowi bersinergi menyelesaikan masalah Papua yang lebih komprehensif. Sebab, kasus-kasus kekerasan yang terus terjadi di Papua harus segera diputus siklus kekerasannya.

"Dari situlah kemudian bisa dicarikan solusi damai masalah Papua. Tadi adi Bapak Presiden menyambut baik usulan Komnas HAM," ucapnya.

Selain itu, Komnas HAM menyampaikan laporan soal penyelesaian konflik agraria. Komnas HAM menawarkan penyelesaian kasus konflik agraria yang lebih komprehensif.

"Dengan pendekatan melibatkan tokoh-tokoh masyarakat yang mendampingi keluarga korban, kementerian-kementerian terkait seperti Kementerian ATR, KLHK, juga Kemen BUMN, dan Kemenkeu karena ada sebagian kasusnya yg terkait dengan barang milik negara atau BMN," tandasnya. (mdk/ray)

Baca juga:
Menko Polhukam Apresiasi TNI Tetapkan 8 Tersangka Pembakaran di Intan Jaya
TNI Belum Punya Cukup Bukti untuk Tetapkan Tersangka Penembakan Pendeta Yeremia
8 Prajurit TNI AD Jadi Tersangka Pembakaran Rumah Dinkes di Intan Jaya
Kontak Senjata Kembali Terjadi di Intan Jaya Papua, 1 Prajurit TNI Gugur
Polisi Buru SK, Eks Anggota DPRD Intan Jaya Pemesan Senpi ke Personel Brimob

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami