Komnas Perempuan Minta Akses BKN Soal Pertanyaan Tes Wawasan Kebangsaan Pegawai KPK

Komnas Perempuan Minta Akses BKN Soal Pertanyaan Tes Wawasan Kebangsaan Pegawai KPK
Gedung baru KPK. ©2015 merdeka.com/dwi narwoko
PERISTIWA | 9 Mei 2021 17:10 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah mengumumkan hasil tes wawasan kebangsaan (TWK) terhadap 1.351 pegawai lembaga antirasuah sebagai syarat menjadi aparatur sipil negara (ASN). Tes wawasan kebangsaan itu menjadi sorotan setelah sejumlah pertanyaan menyinggung masalah kepribadian pegawai KPK.

Ketua Komnas Perempuan Andy Yetriyani mengatakan saat ini tengah berkomunikasi dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) tentang adanya dugaan beberapa pertanyaan sangat pribadi yang diberikan kepada para pegawai KPK. Sejumlah pertanyaan itu menyangkut soal menikah, hasrat, istri kedua dan aktivitas saat pacaran.

"Komnas Perempuan tengah berkomunikasi dengan BKN tentang ini, sebab menurut KPK proses dan muatan tes itu di BKN," kata Andy kepada merdeka.com, Minggu (9/5).

Andy menyebut saat ini sedang meminta akses terkait membaca langsung daftar pertanyaan dari TWK tersebut. Sehingga pihaknya dapat berdiskusi dengan tim penguji terkait polemik pertanyaan tersebut.

"Kami meminta akses membaca langsung daftar pertanyaan dan untuk berdiskusi dengan tim penguji, yang menurut info awal terdiri dari BIN, BAIS, Psiko AD dan BNPT agar bisa memahami maksud, tujuan dan cara ukur dari pertanyaan-pernyataan tersebut," kata dia.

Dia mengatakan dari informasi yang berkembang, sejumlah pertanyaan telah menuai kritik. Sebab dianggap tidak relevan dan bias gender atau misoginis.

"Tetapi untuk bisa memberikan penilaian utuh mengenai hal tersebut, kami perlu membangun komunikasi tersebut," kata dia.

Pengkajian yang lebih utuh kata dia merupakan langkah penting. Hal tersebut untuk menakar akuntabilitas proses dan muatan pengujian wawasan kebangsaan.

"Kami berharap hasilnya nanti dapat mendorong perbaikan yang sifatnya sistemik," tandasnya. (mdk/gil)

Baca juga:
Komnas Perempuan Kecewa Ada Dugaan Pertanyaan Melecehkan di TWK Pegawai KPK
Wakil Ketua KPK: Kami Hanya Umumkan Hasil Tes, Tidak Ada Pemecatan Pegawai
Anggota Dewas Syamsuddin Haris Nilai TWK Pegawai KPK Bermasalah
Komnas Perempuan Dalami Dugaan Pelecehan Pegawai KPK di Tes Wawasan Kebangsaan
Kata KPK soal Beredar SK Pegawai Tak Lolos TWK Dinon-Aktifkan
DPR Minta 75 Pegawai KPK Tak Lolos TWK Bisa Ikut Kembali Tes P3K

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami