Komplotan Begal Ini Umpankan Perempuan untuk Kecoh Korban

PERISTIWA | 21 Januari 2020 04:05 Reporter : Yan Muhardiansyah

Merdeka.com - Kawanan begal ini punya cara sendiri dalam melakukan kejahatan. Mereka mengumpankan perempuan muda untuk mengecoh korbannya.

Dua di antara lima tersangka pelaku pencurian dengan kekerasan yang menggunakan modus ini telah tertangkap. Keduanya yakni KES dan BA, warga Deli Serdang, Sumut.

"Keduanya terpaksa kita beri tindakan tegas terukur karena berupaya melawan saat hendak ditangkap. Mereka mencoba melarikan diri sehingga petugas melumpuhkan keduanya dengan tembakan pada bagian kaki," kata Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Muhammad R Dayan, Senin (20/1).

Dalam aksinya, KES dan BA bersama dua rekannya memancing korbannya dengan menempatkan perempuan seakan-akan sedang kesusahan di pinggir jalanan sepi. Ingin membantu, para korban berhenti mendekat.

Saat korban mendekati perempuan itu, pelaku datang dan menyergapnya. "Para pelaku mengancam korban dan merampas harta benda milik korbannya, seperti sepeda motor, uang, dan ponsel. Mereka tak segan melukai jika korban melawan," jelas Dayan.

1 dari 1 halaman

Polisi Terima Dua Laporan

Polisi sekurangnya telah menerima dua laporan korban perampokan menggunakan modus ini. Salah satunya terjadi di pinggiran jalan Desa Manunggal, Labuhan Deli. Korbannya telah melaporkan kejadian itu. Petugas Polres Pelabuhan Belawan kemudian menangkap KES dan BA.

Kedua tersangka berdalih baru sekali beraksi. Namun, polisi tidak begitu saja percaya. "Kami duga ada banyak korban lain, namun belum melapor," papar Dayan.

Polisi masih memburu dua pelaku lainnya. "Dua lainnya beserta perempuannya masih kita kejar. Kita sudah masukkan mereka dalam daftar pencarian orang (DPO)," imbuh Kasat Reskrim Polres Pelabuhan Belawan, AKP Jerico Lavian Chandra.

Saat ini, KES dan BA mendekam di tahanan Mapolres Pelabuhan Belawan. Keduanya dijerat dengan Pasal 365 KUHPidana dengan ancaman hukuman minimal 7 tahun penjara. (mdk/eko)

Baca juga:
Atasi Masalah Klitih, Sultan HB X Siapkan Pergub Khusus
Terancam Penjara Seumur Hidup, Pelajar Pembunuh Begal Tak Ditahan
Komplotan Begal di Bekasi Dipimpin Remaja 14 Tahun
Motor Driver Ojek Online Dicuri di Depan Rumah di Bekasi, 2 Pelaku Anak di Bawah Umur
Nyaru Jadi Polisi, Dua Begal di Surabaya Tuduh Korban Berjudi Sebelum Rampas Motor

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.