Komplotan Pencuri Kendaraan Rental Modus Pasang GPS Diringkus

PERISTIWA » MALANG | 24 September 2019 12:42 Reporter : Erwin Yohanes

Merdeka.com - Polisi meringkus komplotan pencuri dengan modus memasang alat pelacak GPS pada kendaraan sewaan atau rental. Komplotan ini biasa beraksi antarkota di Jawa Timur.

Dari kasus ini, polisi mengamankan 6 orang tersangka. Masing masing, berinisial S (40), MH (33), M (40), dan AM (58), keempatnya warga Lumajang. Polisi juga mengamankan MN (43) warga Pasuruan, dan Z (32) warga Tabanan, Bali.

Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan menjelaskan, modus operandi komplotan ini menurutnya cukup menarik. Pelaku yang sudah berbagi peran, menyewa kendaraan selama sehari. Mereka lantas memasangkan alat pelacak GPS pada mobil sewaan tersebut.

Fungsinya, tentu saja agar komplotan ini dapat memantau pergerakan mobil yang sudah menjadi target para komplotan pencuri tersebut.

"GPS ini sengaja dipasang di kendaraan yang disewa tersebut. Sehingga si para pelaku ini bisa memantau kendaraan ini ada dimana," ujarnya, Selasa (24/9).

Ia menambahkan, jika mobil yang diincar tersebut bergerak sesuai dengan pantauan, maka para pencuri itu akan dengan mudah melakukan pencurian. "Memang tujuannya untuk memudahkan pemantauan, kemudian dilakukan pencurian," tegasnya.

Ia menambahkan, berdasarkan data kepolisian, komplotan ini tercatat sudah melakukan 8 pencurian yang dibuktikan dengan adanya 8 Laporan Polisi (LP). Masing masing dua di Polda Jatim, satu di Polsek Bangil, satu Polsek Pandaan, Polres Pasuruan Kota, Polsek Beji, dan Polres Banyuwangi.

"Ini kayaknya di Jawa Timur masih baru, dan TKPnya di Banyuwangi tertangkapnya di Malang. Kalau yang lainnya, ini sindikat. Ini tidak menutup kemungkinan di wilayah wilayah lain juga ada," paparnya.

Barang bukti yang diamankan, antara lain 11 unit kendaraan roda empat berbagai jenis, serta berbagai surat-surat kendaraan bermotor, juga berbagai alat tulis kantor. (mdk/eko)

Baca juga:
Tukang Bengkel Motor jadi TNI Gadungan Kelabui 4 Wanita Sulsel dan Sultra
Tepergok Mencuri Aksesoris Pintu di Karimunjawa, Dua WNA Prancis Dibekuk
Polisi Tangkap Wanita Pencuri Kotak Amal Masjid di Jagakarsa
Bermodus Ajak Main Ludo di Hotel, 3 Pria Perkosa dan Rampok 4 Wanita di Jakpus
Waspada! Pencuri Ini Menyamar Ngaku Keluarga saat Ada Hajatan di Medan
Dokumen & Komputer Raib saat Kerusuhan Jayapura, Pembahasan APBD Perubahan Ditunda

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.