Komplotan Pencuri Spesialis Ganjal Mesin ATM di Bekasi Diciduk

Komplotan Pencuri Spesialis Ganjal Mesin ATM di Bekasi Diciduk
Ilustrasi borgol. shutterstock
PERISTIWA | 19 April 2021 23:33 Reporter : Eko Prasetya

Merdeka.com - Kepolisian Resor Metropolitan Bekasi meringkus empat pelaku spesialis ganjal mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang beraksi di wilayah hukum Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

"Pelaku bernama Abdul Karim Muzhakir, Said, Herudin, dan Nasan Sanjaya ini merupakan spesialis dalam kejahatan ganjal ATM dan telah melakukan aksinya di sejumlah ATM di Kabupaten Bekasi," kata Kapolres Metro Bekasi Komisaris Besar Hendra Gunawan di Cikarang, dilansir Antara, Senin (19/4).

Dia mengatakan keempat pelaku itu ditangkap petugas dari hasil penyelidikan atas laporan Bank Mandiri yang mengaku sejumlah mesin ATM miliknya dibobol dengan modus ganjal.

"Saat beraksi, pelaku itu mengambil uang yang ada di dalam mesin ATM jadi tidak mengurangi saldo uang dalam rekeningnya," kata Hendra.

Penangkapan pelaku dari hasil observasi dan penyelidikan terkait adanya tindak pidana pencurian dengan pemberatan dengan cara ganjal ATM. Saat melakukan penyelidikan, petugas mencurigai dua orang di area ATM yang kemudian dibuntuti petugas.

Setelah mengikuti ke sejumlah titik, akhirnya terduga pelaku melancarkan aksinya tepat di minimarket Alfamart Sukasari, Jalan Raya Cikarang-Cibarusah, Desa Sukadami, Kecamatan Cikarang Selatan.

"Para pelaku tidak tahu kalau mereka sedang dibuntuti hingga akhirnya anggota mengamankan keempat pelaku tersebut. Setelah digeledah, ditemukan alat yang dipergunakan untuk mengganjal ATM serta uang tunai sebesar Rp4,2 juta," ungkapnya.

Saat diperiksa, pelaku mengaku telah menjalankan aksinya di empat lokasi berbeda di antaranya mesin ATM Mandiri Cikarang Selatan, ATM Mandiri Pom Bensin Sempu dan Pom Bensin Sukamantri Cikarang Utara, serta ATM Mandiri di Pom Bensin Pintu Tol Cibitung.

"Para pelaku ini melancarkan semua aksinya menjelang tengah malam," ucapnya.

Selain meringkus keempat pelaku, petugas turut mengamankan sejumlah barang bukti kejahatan pelaku di antaranya dua buah tang, dua tegek, dua obeng, satu kawat, satu gunting, uang tunai Rp4,2 juta, serta satu unit mobil Avanza B 2472 FFF yang digunakan pelaku dalam setiap melancarkan aksinya.

"Atas perbuatannya, keempat pelaku dijerat Pasal 363, pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara," kata Hendra. (mdk/eko)

Baca juga:
Bermodal Tusuk Gigi, Sindikat Pembobol Rekening Kuras Rp467 Juta di Tiga Provinsi
Gunakan Modus Ganjal ATM, 2 Pencuri Kuras Tabungan Warga Klaten
Sekuriti Asal Bulgaria Bobol ATM dan Lakukan Skimming di Bali serta NTB
Mesin ATM di Jimbaran Dicongkel hingga Rusak, Diduga Pelaku Seorang Bule
Polres Klaten Tangkap 4 Kawanan Pembobol ATM Lintas Provinsi
CEK FAKTA: Tidak Benar Suara Mesin ATM Bersumber dari Speaker

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami