Kondisi Alba Si Orangutan Albino Langka di Hutan Kalteng Terus Membaik

PERISTIWA | 18 Januari 2019 09:28 Reporter : Saud Rosadi

Merdeka.com - Kondisi Alba, orangutan (Pongo Pygmaeus Wrumbii) Albino betina yang dilepasliarkan di hutan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR), Katingan, Kalimantan Tengah, terus membaik.

Dari pantauan harian tim Post Release Monitoring (PRM), beserta tim dokter hewan dari Borneo Orangutan Survival (BOS) Nyaru Menteng, Alba yang jadi orangutan langka di dunia itu, terus beradaptasi layaknya orangutan liar di hutan.

Sejak dilepasliarkan tanggal 19 Desember 2018 lalu, Alba menjalani hidup seperti orangutan liar dengan mencari pakan alami, membuat sarang, baik sarang siang maupun sarang malam, dan terus aktif bergerak di tajuk hutan dan jarang sekali turun ke tanah, kecuali untuk memetik umbut.

"Sejauh ini, sama sekali tidak ada intervensi atau bantuan manusia yang dia butuhkan. Kemampuan adaptasi Alba, tidak diragukan lagi, dan hidup liar dengan semestinya sesuau yang kita harapkan," kata CEO BOS Foundation, Jamarin Sihite, Jumat (18/1).

Jamartin menerangkan, sehari-hari, Alba makan, membuat sarang dan bersosialisasi dengan baik bersama orangutan lainnya. Sejak dilepasliarkan, Alba sudah menjelajahi hutan sejauh 4 kilometer, dari titik awal dia dilepasliarkan.

Pemantauan harian yang kami lakukan berlangsung sejak matahari terbit, sampai matahari terbenam. Kami menyebutnya nest-to-nest, atau dari sarang ke sarang. Kami merencanakan untuk terus melakukan ini hingga lima bulan ke depan. Sehingga kita akan memiliki informasi kemampuan adaptasi Alba selama enam bulan," terang Jamartin.

Karena itu, tantangan yang kini kita hadapi bersama adalah harus mampu menjamin keamanan Alba. Ini adalah tantangan yang besar, mengingat luas TNBBBR di Katingan yang mencapai 110 ribu hektare," tambahnya.

Empat pekan pemantauan, Alba kerap teramati bersama Kika, betina berusia 6 tahun yang dilepasliarkan bersamanya, dan Winda, betina lain berusia 16 tahun yang dilepasliarkan tahun 2016 lalu. Itu menjadi Fakta bahwa Alba mampu bergaul dengan orangutan lain di hutanyang telah lebih lama dilepasliarkan.

"Itu jadi indikator positif bagi Alba," katanya.

Baca juga:
Melihat Kehidupan Alba, Orangutan Albino Usai Dilepas ke Alam Liar Hutan Kalimantan
Usai Direhabilitasi, Orang Utan Albino Dilepas di Hutan Taman Nasional Kalteng
Akan Dijual Online, Bayi Orangutan Mati
4 Tahun direhabilitasi, orangutan bernama Novi kembali ke habitat asli
6 Orangutan dilepaskan di Pulau Badak Kecil Kalteng
Terancam punah, induk orangutan ini melahirkan di kebun binatang Prancis
Pangkuy dilepasliarkan di hutan Kalteng usai 12 tahun direhabilitasi di Thailand

(mdk/lia)

BERI KOMENTAR
Join Merdeka.com